SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGADAAN BARANG MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP)

Cahyahandika, Lucky (2019) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGADAAN BARANG MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
TF085190.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TF085191.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TF085192.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
TF085193.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text (BAB IV)
TF085194.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
TF085195.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TF085196.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Di setiap institusi pendidikan, terdapat bidang yang mengurus pengadaan barang untuk membantu menunjang kegiatan belajar dan mengajar. Begitu juga dengan Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang memiliki Kantor Pengelolaan Sarana dan Prasaran (KPSP) untuk mewujudkannya. Cara mewujudkannya dengan cara pemilihan pemasok atau tendering yang tepat untuk memenuhi kebutuhan institusi. Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan institusi untuk menentukan pemasok yang tepat yaitu kompetensi pemasok, ketanggapan terhadap institusi, kualitas produk dan biaya yang dikeluarkan. Menentukan pemasok ini masih manual dan hanya pemasok terdekat saja yang bisa ikut dalam mengikuti kebutuhan institusi. Dari masalah tersebut, perlu adanya sistem pendukung keputusan yang dapat mempermudah institusi memilih pemasok yang tepat, sesuai dengan ketentuan berlaku dan cepat memberikan keputusan. Metode yang digunakan mencari pemasok yang tepat yaitu Analytic Network Process (ANP). Metode ini cukup banyak digunakan untuk menentukan solusi yang terbaik dengan kriteria yang banyak dan ada sub-kriteria yaitu multicriteria. Sistem dibangun dengan platform desktop menggunakan bahasa C# dan database MySQL bersifat local dengan menggunakan XAMPP. Sistem ini diharapkan dapat memberikan keputusan yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan oleh institusi. Sistem ini dapat mempermudah dan membantu pekerjaan pegawai bidang sarana dan prasarana atau panitia pengadaan untuk menentukan pemasok yang tepat memenuhi kebutuhan institusi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Analytic Network Process, Pengadaan Barang, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Sarana dan Prasarana.
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Jan 2020 01:50
Last Modified: 17 Jan 2020 01:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20969

Actions (login required)

View Item View Item