PEMBANGUNAN SISTEM UJIAN MASUK PERGURUAN TINGGI BERBASIS WEB DENGAN FRAMEWORK LARAVEL (STUDI KASUS UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA)

Sandi Saputra, I Gede Krisna (2019) PEMBANGUNAN SISTEM UJIAN MASUK PERGURUAN TINGGI BERBASIS WEB DENGAN FRAMEWORK LARAVEL (STUDI KASUS UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
TF085880.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TF085881.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TF085883.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
TF085884.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img] Text (BAB IV)
TF085885.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
TF085886.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TF085887.pdf

Download (147kB) | Preview

Abstract

Ujian mandiri merupakan salah satu metode pendaftaran yang umum ditawarkan oleh Perguruan Tinggi dalam melakukan penerimaan mahasiswa baru. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) sebagai salah satu Perguruan Tinggi di Indonesia menawarkan metode ujian mandiri khusus yang dilaksanakan sebelum pengumuman kelulusan siswa SMA/Sederajat yang disebut Jalur Antara yang dapat dilaksanakan di kampus atau di sekolah terpilih menggunakan aplikasi desktop. Terdapat kendala waktu dalam hal instalasi aplikasi pada komputer sekolah yang dipilih untuk melaksanakan ujian. Untuk mengatasi kendala tersebut, UAJY berinisiatif mengembangkan sistem ujian ini pada peron web. Sistem ujian berbasis web yang dikembangkan akan memiliki fungsionalitas seperti pengelolaan data bagi administrator, serta ujian dan melihat hasil bagi peserta. Sistem yang dikembangkan akan menerapkan arsitektur Model View Controller atau pemisahan komponen sistem menjadi tiga bagian agar lebih mudah dikembangkan dan dipelihara. Sistem akan dikembangkan dengan kerangka kerja atau framework Laravel dalam mengimplementasikan arsitektur Model View Controller tersebut. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah sebuah sistem berbasis web yang mampu mengakomodasi kegiatan ujian Jalur Antara di UAJY. Proses yang telah mampu diakomodasi, meliputi pengelolaan data soal, program studi, peserta, jadwal ujian, dan detail ujian bagi admin, serta menjawab soal-soal ujian dan melihat hasil akhir ujian bagi peserta. Sistem yang dikembangkan juga telah lolos uji menggunakan metode pengujian unit test PHP dengan hasil lolos total 19 dari 19 assertion yang menandakan sistem ini telah handal untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Jalur Antara UAJY, ujian, penerimaan mahasiswa baru, web
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Jan 2020 02:35
Last Modified: 17 Jan 2020 02:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20975

Actions (login required)

View Item View Item