Kulitas es krim yoghurt sinbiotik dengan kombinasi umbi bengkuang (pachyrhyzus erosus(L.)Urp) dan buah nanas madu (ananas cosmosus(L.)merr)

Putri, Monica Ayu Rantni (2019) Kulitas es krim yoghurt sinbiotik dengan kombinasi umbi bengkuang (pachyrhyzus erosus(L.)Urp) dan buah nanas madu (ananas cosmosus(L.)merr). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Awal)
BL016010.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BL016011.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
BL016012.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
BL016013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text (Bab IV)
BL016014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
BL016015.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Es Krim yoghurt sinbiotik merupakan es krim yoghurt yang dalam pembuatannya menggunakan starter yoghurt sinbiotik sebagai bahan utama maupun tambahan. Yoghurt sinbiotik dibuat dengan mengkombinasikan antara sumber prebiotik dan probiotik. Bengkuang (Pachyrhizus erosus) merupakan umbi yang memiliki kandungan inulin yang merupakan serat dan termasuk ke dalam dietary fiber dan Nanas Madu (Ananas cosmosus) memiliki kandungan gula. Kedua bahan tersebut digunakan sebagai sumber prebiotik. Bakteri asam laktat (BAL) yang digunakan sebagai sumber probiotik adalah Bifidobacterium lognum dan Lactobacillus acidophilus. Penelitian ini dilakukan untuk megetahui pengaruh penambahan konbinasi filtrat bengkuang dan nanas madu (B:N) terhadap kualitas (sifat fisik, kimia, mikrobiologis dan organoleptik), dan mendapatkan konsentrasi optimum penambahan kombinasi (B:N) untuk mengetahui kualitas es krim yoghurt sinbiotik terbaik. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah rancangan acak lengkap pada parameter viabilitas BAL, Salmonella, pH, total asam laktat, lemak, protein, abu, serat larut, total padatan, melting rate, overrun¸dan uji organoleptik. Percobaan dilakukan pengulangan 3 kali dengan 4 perlakuan yaitu penambahan kombinasi (B:N) sebanyak 0:0%, 2:13%, 4:11%, dan 6:9%.Berdasarkan hasil penelitian, es krim yoghurt sinbiotik dengan kualitas paling baik adalah perlakuan kombinasi (B:N) 4:11%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknobiologi > Tekno Pangan
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Jan 2020 06:36
Last Modified: 17 Jan 2020 07:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20984

Actions (login required)

View Item View Item