EVALUASI TINGKAT PELAYANAN PEJALAN KAKI KHUSUSNYA TROTOAR DAN FASILITAS PENYEBERANGAN (STUDI KASUS: JALAN LEMPUYANGAN, YOGYAKARTA)

Iswandaru, Antonius Janu (2019) EVALUASI TINGKAT PELAYANAN PEJALAN KAKI KHUSUSNYA TROTOAR DAN FASILITAS PENYEBERANGAN (STUDI KASUS: JALAN LEMPUYANGAN, YOGYAKARTA). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
Halaman awal.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Yogyakarta merupakan kota yang terus mengalami perkembangan dalam hal infastruktur dan transportasi. Sehingga kota Yogyakarta menjadi tujuan dalam hal pariwisata, pendidikan, dan lapangan pekerjaan. Perkembangan fasilitas umum yang ada harus diringi dengan bertambahnya penduduk yang ada di Yogyakarta, sehingga dapat menunjang kebutuhan dengan baik. Seperti yang terdapat pada stasiun Lempuyangan, fasilitas umum untuk pejalan kaki khususnya trotoar dan fasilitas penyeberangan tidak tertata dengan baik sehingga belum dapat memenuhi kebutuhan para pejalan kaki. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui lebar efektif trotoar yang diperlukan sesuai dengan volume pejalan kaki, mengetahui jenis fasilitas penyeberangan, dan mengetahui tingkat nilai pelayanan pejalan kaki yang ada di jalan Lempuyangan. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan evaluasi lebar efektif trotoar, pengumpulan data volume pejalan kaki, pengumpulan data volume penyeberang jalan, dan pengumpulan data volume kendaraan. Data yang sudah diperoleh kemudian diolah dan dibandingan dengan Praturan Mentri Pekerjaan Umum No 3 tahun 2014 dan Direktorat Jendral Bina Marga tahun 1995 tentang petunjuk teknik survai dan perencanaan teknik jalan khususnya trotoar. Hasil evaluasi dapat menunjukan apakah tingkat pelayanan yang ada di jalan Lempuyangan sudah dapat memenuhi kebutuhan pejalan kaki. Dari hasil evaluasi dan pengolahan data didapatkan lebar efektif trotoar untuk memenuhi kebutuhan pejalan kaki adalah 1 meter. Hasil perhitungan ini seharusnya sudah dapat memenuhi kebutuhan pejalan kaki karena lebar trotoar yang ada di lapangan sama dan lebih besar dari hasil perhitungan. Namun pada kondisi sebenarnya masih terdapat hambatan-hambatan yang berada di atas trotoar seperti batu-batu, pohon, tiang ATM, dan area untuk pedagang kaki lima. Hal ini menjadikan lebar efektif trotoar berkurang sehingga pejalan kaki memilih berjalan di badan jalan. Fasilitas penyeberangan yang sebelumnya zebra cross harus ditingkatkan menjadi pelican crossing untuk menunjang kebutuhan penyeberang agar merasa aman dan nyaman. Nilai tingkat fasilitas pejalan kaki berdasarkan kecepatan adalah E dan nilai tingkat fasilitas pejalan kaki berdasarkan arus pejalan kaki adalah D. Alternatif untuk pemecahan fasilitas pejalan kaki yang ada di jalan Lempuyangan adalah penataan ulang trotoar dan menjadikan trotoar yang bebas dari hambatan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pejalan kaki, trotoar, penyeberangan, tingkat pelayanan.
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 Jan 2020 02:36
Last Modified: 20 Jan 2020 02:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/20996

Actions (login required)

View Item View Item