ANALISIS RENCANA PENAMBAHAN ASET TETAP USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) (Studi Kasus Pada UMKM Idur Chips Malang Jawa Timur)

Candra, Natalia PutrI (2019) ANALISIS RENCANA PENAMBAHAN ASET TETAP USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) (Studi Kasus Pada UMKM Idur Chips Malang Jawa Timur). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
EA221180.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
EA221181.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
EA221183.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text (BAB IV)
EA221184.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
EA221185.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
EA221182.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Tugas utama seorang manajer adalah melakukan aktivitas proses manajemen. Aktivitas yang dimaksud seperti perencanaan, pengendalian, serta pengambilan keputusan. Pada kasus ini pemilik UMKM Idur Chips harus mampu mengambil keputusan jangka panjang. Pengambilan keputusan yang sedang dialami yaitu akan membeli mesin vakum baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kelayakan rencana investasi penambahan asset tetap berupa mesin vakum baru yang akan dilakukan oleh pemilik usaha UMKM Idur Chips. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Langkah yang dilakukan meliputi menentukan investasi mula-mula (initial investment), mengestimasi kas keluar, menentukan discount rate, menganalisis dengan metode PV (Present Value), pengambilan keputusan. Dari analisa yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa rencana penambahan mesin vakum yang akan diinvestasikan sesuai dengan PV terkecil adalah Sensitar Machine. Namun, selisih PV kedua mesin tersebut dianggap kurang material karena hanya akan menghasilkan penghematan Rp3.269.753 (0.2%) per tahun. Oleh sebab itu dengan memperhatikan kriteria kualitatif maka mesin yang disarankan adalah Shandong BYZK-500. Kata Kunci : UMKM, Pengambilan Keputusan, PV (Present Value).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: UMKM, Pengambilan Keputusan, PV (Present Value).
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 20 Jan 2020 04:41
Last Modified: 20 Jan 2020 04:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21015

Actions (login required)

View Item View Item