SUPRIYATNA, YABELL RANDHIKA (2019) STRATEGI PEMASARAN DI IKM ROTI BANGKIT HARJA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.
|
Text (HALAMAN JUDUL)
TI07720 0.pdf Download (566kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
TI07720 1.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
TI07720 2.pdf Download (425kB) | Preview |
|
Text (BAB III)
TI07720 3.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
||
Text (BAB IV)
TI07720 4.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) |
||
Text (BAB V)
TI07720 5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB VI)
TI07720 6.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) |
||
|
Text (BAB VII)
TI07720 7.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Industri kecil menengah disingkat IKM merupakan salah satu badan usaha yang jumlahnya banyak di Indonesia. Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu provinsi yang memiliki jumlah IKM yang banyak, dan yang paling menonjol adalah IKM pangan. Salah satu IKM pangan berada di DIY adalah IKM Roti Bangkit Harja. Permasalahan yang dihadapai IKM ini yaitu banyaknya roti yang tidak laku dan akhirnya basi. Penyebab roti tidak laku karena penjualannya semakin menurun, kemudian penyebab penjualannya menurun semakin banyak kompetitor baru yang memproduksi produk sejenis dengan kualitas yang baik serta varian rasa lebih menarik, sehingga IKM ini kalah bersaing. Permasalahan yang dihadapi IKM Roti Bangkit Harja akan diselesaikan dengan cara merancang strategi pemasaran yang sesuai untuk IKM ini. Strategi pemasaran akan disusun dengan berdasarkan hasil dari riset pemasaran, dan konsep penyusunannya menggunakan konsep marketing mix (product, price, promotion, and place). Riset pemasaran menggunakan kuesioner untuk merekap setiap respon yang diberikan oleh masyarakat. Hasil penyebaran kuesioner akan dioleh dengan menggunakan dua aplikasi yaitu Ms.Excel dan SPSS, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode Importance Peformance Analysis, Pie Chart dengan Similaritas dan Trend, dan Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil yang dicapai dari penelitian yang dilakukan yaitu mendapatkan informasi mengenai target konsumen dan rancangan strategi pemasaran dengan konsep marketing mix. Strategi pemasarannya yaitu mempertahankan produk roti saat ini dan membuat produk roti versi premium dengan kualitas yang lebih baik dan varian rasa menarik. Harga produk roti lama (Rp1.000 dan Rp2.000) dipertahankan dan menentukan harga produk roti versi premium pada kisaran Rp3.000-Rp5.999. Promosi roti berupa price pack, kemudian dipublikasikan ke berbagai sosial media. Lokasi produk roti versi lama sebaiknya diperluas ke berbagai warung, sedangkan produk versi premiumnya didistribusikan ke warung dan minimarket. Memanfaatkan jasa transportasi online sebagai cara untuk menerapkan mobile marketing.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Roti, Riset Pemasaran, Strategi Pemasaran, Marketing Mix. |
Subjects: | Teknik Industri > Sistem Manufacturing |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Lia natanaelia utami |
Date Deposited: | 22 Jan 2020 01:57 |
Last Modified: | 22 Jan 2020 01:57 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21046 |
Actions (login required)
View Item |