ANALISIS FAKTOR-FAKTOR MARKETING MIX YANG DI PERTIMBANGKAN NASABAH DALAM MENYIMPAN DANA PADA BANK PEMERINTAH DI YOGYAKARTA

Sudiatmika, I Nyoman (2006) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR MARKETING MIX YANG DI PERTIMBANGKAN NASABAH DALAM MENYIMPAN DANA PADA BANK PEMERINTAH DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0EM13261.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1EM13261.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2EM13261.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3EM13261.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text (Bab IV)
4EM13261.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
5EM13261.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor marketing mix yang dipertimbangkan nasabah dalam menyimpan dana pada Bank Pemerintah di Yogyakarta dan selain itu untuk mengetahui faktor-faktor marketing mix yang paling utama dipertimbangkan nasabah dalam menyimpan dana pada Bank Pemerintah di Yogyakarta. Dalam Penelitian ini menggunakan 20 variabel yang merupakan bagian dari 7 faktor dari marketing mix yaitu: Product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), people (orang), process (proses) dan physical evidance (bukti fisik). Penelitian ini dilakukan di wilayah bank-bank milik pemerintah (Bank BRI, Bank BNI, bank BTN dan Bank Mandiri) yang ditemukan dan terjangkau oleh peneliti yang ada di wilayah Kabupaten Seleman , dan sampel yang di ambil adalah 100 sampel dari nasabah Bank Pemerintah yang mempunyai simpanan dalam bentuk tabungan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor. Dari hasil analisis faktor menunjukkan bahwa nasabah dalam menyimpan dananya pada bank Pemerintah mempertimbangkan tujuh faktor yaitu (1) Faktor produk yang terdiri dari keamanan menyimpan dana, nama bank, dan pelayanan jasa lainnya; (2) Faktor tempat yang terdiri dari jumlah cabang yang dimiliki, lokasi yang strategis dan ATM yang dimiliki; (3) Faktor harga yang terdiri dari setoran awal, biaya administrasi dan tingkat bunga simpanan; (4) Faktor Bukti fisik yang terdiri dari Kenyamanan ruang tunggu, Tersedianya tempat parkir, Kebersihan dan keindahan lingkungan dan Gedung yang megah; (5) Faktor proses yang terdiri dari persyaratan administrasi dan kualitas pelayanan; (6) Faktor Promosi yang terdiri dari personal selling, hadiah dan periklanan; (7) Faktor orang yang terdiri dari keramahan dan kesopanan karyawan. Dari ketujuh faktor tersebut ternyata hasil analisis faktor menunjukkan bahwa faktor produk merupakan faktor yang paling utama dipertimbangkan nasabah dalam menyimpan dana pada Bank Pemerintah di Yogyakarta yang diwakili oleh variabel keamanan menyimpan dana.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: marketing mix, perilaku konsumen, manajemen pemasaran jasa, Bank Pemerintah
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 Jun 2013 08:18
Last Modified: 07 Jun 2013 08:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2105

Actions (login required)

View Item View Item