STRATEGI DIVISI MARKETING COMMUNICATION LIPPO PLAZA JOGJA DALAM MEMPERTAHANKAN AWARENESS KONSUMEN

PUJIASTUTI, RIRIN (2019) STRATEGI DIVISI MARKETING COMMUNICATION LIPPO PLAZA JOGJA DALAM MEMPERTAHANKAN AWARENESS KONSUMEN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05571.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Lippo Plaza Jogja merupakan salah satu pusat perbelanjaan atau mall yang berada di kota Yogyakarta. Lippo Plaza Jogja merupakan salah satu unit usaha dari Lippo Malls yang dikelola oleh PT Jasa Management Consulting Division, anak perusahaan dari Lippo Karawaci Tbk. Perusahaan utama yang menaungi Lippo Malls adalah Lippo Group, yaitu salah satu perusahaan properti, retail, edukasi, media dan lain-lain terbesar di Indonesia. Lippo Malls adalah cabang pusat perbelanjaan yang memiliki target konsumen kalangan kelas sosial ke atas (SES A).Lippo Malls membawahi beberapa cabang mall, hal ini membuat cabang bawahan dari Lippo Malls harus mentaati satu kebijakan dari Lippo Malls. Sedangkan Lippo Plaza Jogja adalah mall dengan segmentasi kelas sosial menengah (SES B). Hal tersebut membuat Lippo Plaza Jogja harus berupaya mempertahankan awareness konsumennya. Lippo Plaza Jogja juga harus memiliki strategi untuk membantu perusahaan guna untuk memenuhi tujuannya sebagai mall dengan segmentasi keluarga muda dan kalangan anak muda yang masuk dalam kelas sosial menengah (SES B). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis data menggunakan metode wawancara dengan pihak divisi marketing communication Lippo Plaza Jogja. Selain itu, penelitian ini juga didukung dengan dokumen-dokumen yang berada di arsip pribadi divisi marketing communication Lippo Plaza Jogja dan di media sosial seperti Instagram resmi Lippo Plaza Jogja. Kemudian pada akhirnya akan dianalisis menggunakan strategi marketing communication. Hasil analisis dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Strategi divisi marketing communication Lippo Plaza Jogja dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu: (a) Analisis dilakukan untuk mengetahui situasi pasar supaya dalam melakukan perencanaan strategi tidak salah sasaran. (b) Tujuan, dalam hal ini merupakan apa yang akan dicapai. (c) Strategi, berbicara mengenai cara-cara untuk mencapai tujuan Lippo Plaza Jogja. (d) Aksi, tahap implementasi strategi yaitu kegiatan aktivasi di mall, (e) Evaluasi yaitu tahap untuk mengetahui strategi dilakukan sudah mencapai target atau tidak. Kata kunci: Strategi divisi Marketing Communication Lippo Plaza Jogja, Strategi Mempertahankan Awareness Konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi divisi Marketing Communication Lippo Plaza Jogja, Strategi Mempertahankan Awareness Konsumen
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Jan 2020 07:06
Last Modified: 22 Jan 2020 07:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21081

Actions (login required)

View Item View Item