ANALISIS PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP KESEJAHTERAAN PEMEGANG SAHAM DAN KINERJA PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI INDEKS LQ-45 PERIODE 2008 – 2017)

Manihuruk, Santa Prima Sari (2019) ANALISIS PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP KESEJAHTERAAN PEMEGANG SAHAM DAN KINERJA PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI INDEKS LQ-45 PERIODE 2008 – 2017). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EM22254.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kebijakan dividen terhadap kesejahteraan pemegang saham dan kinerja perusahaan. Sampai saat ini penelitian mengenai kebijakan dividen masih menjadi puzzle atau teka-teki yang belum terpecahkan oleh banyak penelitian. Disatu sisi pembayaran dividen yang tinggi akan meningkatkan harga saham dan persepsi yang baik kepada pemegang saham, namun disisi lain perusahaan juga membutuhkan dana untuk reinvestasi dimasa depan. Objek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Indeks LQ-45 yang rutin membayar dividen selama sepuluh tahun yaitu dari tahun 2008 hingga 2017. Kebijakan dividen diukur dengan dividend per share dan dividend yield, kesejahteraan pemegang saham diukur dengan harga saham, dan kinerja perusahaan diukur dengan return on equity. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan metode Purposive Sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi sederhana data panel dengan Eviews 8. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan dividen yang diukur dengan dividend per share dan dividend yield berpengaruh terhadap harga saham. Kebijakan dividen yang diukur dengan dividend per share tidak berpengaruh terhadap return on equity sedangkan dividend yield berpengaruh terhadap return on equity. Kata Kunci: Dividend Per Share, Dividend Yield, Harga Saham, Kinerja Perusahaan,Return On Equity.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Dividend Per Share, Dividend Yield, Harga Saham, Kinerja Perusahaan,Return On Equity.
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 Jan 2020 03:05
Last Modified: 27 Jan 2020 03:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21177

Actions (login required)

View Item View Item