BLOG SEBAGAI MEDIA PERSONAL PUBLIC RELATIONS (Analisis Isi Kuantitatif Blog Fashion Influencer Chriselle Lim sebagai Media Personal Public Relations)

Khalidia, Annisa Rahma (2019) BLOG SEBAGAI MEDIA PERSONAL PUBLIC RELATIONS (Analisis Isi Kuantitatif Blog Fashion Influencer Chriselle Lim sebagai Media Personal Public Relations). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM04897.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Membangun reputasi yang baik tidak hanya menjadi kewajiban bagi suatu organisasi tetapi juga menjadi kewajiban individu. Terutama mereka yang bekerja secara independen seperti Chriselle Lim, pemilik Chriselle Factor yang dikenal sebagai Fashion Influencer. Julukan Fashion Influencer dari media diberikan karena besarnya pengaruh Chriselle Lim kepada audiens blognya hingga mencapai level perubahan perilaku. Pencapaian ini didapatkan setelah rangkaian kerja yang konsisten mulai dari pemetaan audiens, penentuan topik, pemilihan brand hingga profesional yang turut berkolaborasi dalam setiap artikel yang dipublikasikannya, serta rekomendasi dari pihak ketiga yang memiliki kredibilitas. Rangkaian aktivitas ini disebut sebagai praktik Personal Public Relations. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas blog Chriselle Factor sebagai media Personal Public Relations. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis isi kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dokumen, studi pustaka serta pengkodingan. Objek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan artikel yang memenuhi kriteria sebanyak 127 buah dari 277 artikel. Teknik triangulasi yang digunakan untuk menvalidasi penelitian ini meliputi intercoder reliability dan realibilitas data dengan rumus Holsti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas blog Chriselle Lim, Chriselle Factor, tergolong memiliki kualitas yang baik sebagai media Personal Public Relations. Namun kurang pemanfaatan ini kurang maksimal pada aspek publikasi aktivitas yang notable, seperti menghadiri product launching, fashion show yang dihadiri oleh Chriselle Lim. Kata Kunci : blog, media personal public relations, Chriselle Lim

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: blog, media personal public relations, Chriselle Lim
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Jan 2020 03:18
Last Modified: 28 Jan 2020 03:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21209

Actions (login required)

View Item View Item