PENGARUH KUALITAS PESAN AKUN INSTAGRAM @KULINERDISOLO TERHADAP MINAT BELI MAKANAN DAN /ATAU MINUMAN PARA FOLLOWERS

WIJAYA, GREGORIUS DANIEL DHIMAS (2019) PENGARUH KUALITAS PESAN AKUN INSTAGRAM @KULINERDISOLO TERHADAP MINAT BELI MAKANAN DAN /ATAU MINUMAN PARA FOLLOWERS. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05086.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Akun pengulas wisata makanan dan minuman yang bermunculan di kota Surakarta, menimbulkan daya tarik tersendiri bagi para konsumen yang sebagian besar adalah anak muda dengan gaya hidup yang dinamis. Daya tarik tersebut mengacu pengguna Instagram khususnya para pengikut akun-akun pengulas makanan dan minuman tersebut untuk untuk menelisik lebih dalam wisata makanan dan minuman yang ada di kota tersebut. Dari berbagai akun pengulas wisata makanan dan minuman yang ada di kota Surakarta terdapat strategi untuk dapat tetap mempertahankan eksistensi dan ketertarikan pengguna Instagram untuk mengikuti akun tersebut adalah dengan menampilkan pesan-pesan yang dapat disajikan melalui foto atau video. Pesan ini merupakan perangkat simbol yang dikirimkan oleh pengirim (Kotler, 1997: 78). Salah satu media atau sarana yang dapat digunakan oleh pemasar sebagai tempat menampilkan pesan adalah media sosial Instagram. Daya tarik isi pesan yang digunakan dalam penelitian ini adalah daya tarik rasional dan daya tarik emosional. Adanya daya tarik isi pesan yang terdapat pada akun Isntagram @kulinerdisolo dapat menimbulkan minat beli produk para pengikutnya. Melalui pesan menarik yang diberikan oleh mengenai wisata makanan dan minuman lewat Instagram diharapkan dapat memberikan stimulus kepada para pengikut akun sehingga dapat berminat untuk melakukan pembelian produk pada restoran, warung, kedai penjual makanan ataupun minuman tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pesan akun Instagram @kulinerdisolo terhadap minat beli makanan dan /atau minuman para followers. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan 2 variabel yaitu variabel X daya tarik isi pesan Instagram dan variabel Y minat beli produk calon konsumen. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan 170 orang responden yang merupakan followers akun Instagram @kulinerdisolo. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa Ha diterima dengan nilai Sig 0,00 yang lebih kecil dari standart nilai probabilitas sebesar 0,05. Variabel daya tarik isi pesan Instagram secara signifikan berpengaruh positif pada variabel minat beli makanan dan /atau minuman pengikut akun @kulinerdisolo. Apabila daya tarik isi pesan Instagram yang diterima responden atau pengikut akun Instagram @kulinerdisolo semakin tinggi, maka akan meningkatkan minat beli produk calon konsumen juga. Kata Kunci: daya tarik isi pesan, minat beli

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: daya tarik isi pesan, minat beli
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Jan 2020 06:11
Last Modified: 28 Jan 2020 06:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21214

Actions (login required)

View Item View Item