Komunikasi Kelompok, Komunitas, Solidaritas, Upaya Komunikasi Kelompok

Renaldy, Andreas (2019) Komunikasi Kelompok, Komunitas, Solidaritas, Upaya Komunikasi Kelompok. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05218.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini melihat gambaran tentang induk semang dan anak kos di video Iklan Axelerate the series: Kostan AX/3 - EP 1 “Best Kostan in The World”. Video iklan Axe menceritakan tentang kehidupan di kos. Penghuni kos terdiri dari empat tokoh yaitu satu induk semang dan tiga anak kos. Setiap tokoh memiliki profesi yang berbeda-beda. Induk semang berprofesi sebagai instruktur yoga. Anak kos yang bernama Hari berprofesi sebagai penjaga toko olahraga, Agit berprofesi sebagai tukang fogging dan Rikat berprofesi sebagai programer. Video iklan Axe memperlihatkan induk semang sebagai pria yang menggunakan produk body spray Axe. Penggunaan produk body spray Axe hanya dilakukan oleh induk semang sedangkan anak kos tidak menggunakan produk body spray Axe. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana Axe mengambarkan induk semang dan anak kos. Peneliti mengkaji video iklan Axe dengan konsep representasi. Representasi adalah menampilkan kembali informasi yang telah diterima melalui sesuatu yang diserap, diindra, dibayangkan atau dirasakan dalam bentuk fisik. Peneliti menggunakan metode analisis isi kualitatif untuk menganalisis video iklan Axe. Data diperoleh melalui video iklan yang diunggah di Youtube. Video yang ditemukan di-screenshot setiap scene. Peneliti mendeskripsikan setiap scene berdasarkan dialog antar tokoh, narasi dari suara narator, nada suara yang digunakan, ekspresi wajah, gesture tubuh, pakaian yang digunakan, potongan rambut dan aksesoris. Selain itu peneliti juga mendeskripsikan berkaitan dengan konstruksi gambar video seperti sudut pengambilan gambar, ukuran gambar dan gerakan kamera. Peneliti menganalisis berdasarkan deskripsi dari temuan data untuk melihat gambaran tentang induk semang dan anak kos di video iklan Axe. Kesimpulannya Axe menyampaikan informasi produknya kepada khalayak melalui gambaran induk semang dan anak kos. Induk semang digambarkan sebagai pria yang memiliki bau badan wangi, didukung dengan aktivitas penggunaan produk body spray Axe. Induk semang juga digambarkan sebagai pria yang dekat dengan banyak wanita dan memiliki kekuasaan, kehormatan serta kepercayaan yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak kos. Anak kos yang terdiri dari tiga tokoh digambarkan sebagai pria yang memiliki masalah bau badan, pria yang nerd dan pria yang memiliki penyakit skizofrenia. (Kata kunci: Video Iklan Axe, Analisis Isi Kualitatif)

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Video Iklan Axe, Analisis Isi Kualitatif
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Jan 2020 07:07
Last Modified: 28 Jan 2020 07:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21220

Actions (login required)

View Item View Item