ANALISIS RESEPSI DALAM ZINE KOMIK (Pemaknaan Audiens terhadap Penggambaran Isu Pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) dalam Zine Komik Karya Annisa Rizkiana)

KINASIH, SEKAR (2019) ANALISIS RESEPSI DALAM ZINE KOMIK (Pemaknaan Audiens terhadap Penggambaran Isu Pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) dalam Zine Komik Karya Annisa Rizkiana). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05391.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Media massa sebagai sumber informasi berlomba-lomba untuk menarik khalayak dengan variasi konten. Namun tuntutan perusahaan untuk mendapat keuntungan seringkali mengakibatkan terjadinya keseragaman berita. Dampaknya, perspektif khalayak dibatasi oleh agenda media. Hal inilah yang kemudian memunculkan gagasan terbentuknya media independen yang bebas dan berfungsi sebagai alternatif informasi. Zine kemudian hadir dengan beragam konten dan bentuk yang menarik, salah satunya adalah komik. Penelitian ini menggunakan teori Analisis Resepsi dengan pendekatan melalui proses encoding-decoding milik Stuart Hall. Pembahasan dalam penelitian mencakup proses pembuatan makna oleh pembuat zine dan proses pemaknaan pesan oleh pembaca. Proses analisis didasarkan pada tiga faktor yang memengaruhi pemaknaan yaitu framework of knowledge, relation of production, dan technical infrastructure. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, sehingga observasi dan wawancara mendalam menjadi tumpuan utama dalam pengumpulan data. Objek penelitian ini adalah zine komik karya Annisa Rizkiana yang mengangkat isu pembangunan bandara baru Yogyakarta (NYIA). Penelitian ini dilakukan guna mengetahui posisi pemaknaan audiens yang meliputi posisi hegemoni dominan, posisi negosiasi, dan posisi oposisi. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa semakin banyak persamaan dalam hal latar belakang pengetahuan, pengalaman sosio-kultural dan relasi antara decoder dan encoder maka semakin besar kemungkinan audiens berada dalam posisi hegemoni dominan. Artinya, pembaca menyetujui semua pesan yang disampaikan Annisa Rizkiana dalam zine komik karyanya. Sementara itu, pembaca yang tidak memiliki kesamaan akan cenderung berada dalam posisi negosiasi atau oposisi. Kata Kunci: Zine Komik, Analisis Resepsi, NYIA, Media Alternatif

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Zine Komik, Analisis Resepsi, NYIA, Media Alternatif
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Jan 2020 01:43
Last Modified: 29 Jan 2020 01:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21227

Actions (login required)

View Item View Item