STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI EVENT PRAMBANAN JAZZ FESTIVAL DALAM MENCIPTAKAN BRAND AWARENESS CANDI PRAMBANAN

Purwantoro, Damianus Tri Eko (2019) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI EVENT PRAMBANAN JAZZ FESTIVAL DALAM MENCIPTAKAN BRAND AWARENESS CANDI PRAMBANAN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05452.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Candi Prambanan merupakan salah satu dari sekian banyak peninggalan sejarah di Indonesia. Pengelola candi Prambanan yaitu PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko memiliki kewajiban untuk mengelola dan melestarikan candi Prambanan. Pengelolaan candi Prambanan bertujuan untuk meningkatkan kunjungan sehingga dapat meningkatkan ekonomi daerah melalui pariwisata. Pengelola juga memiliki kewajiban untuk memberikan pengetahuan mengenai sejarah candi Prambanan sebagai bentuk edukasi dan mengajak masyarakat untuk melestarikannya. Untuk memenuhi kewajiban tersebut, pengelola harus bisa membawa candi Prambanan untuk mengikuti perkembangan tren agar candi Prambanan bisa terus lestari dan meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupul mancanegara. Prambanan Jazz Festival 2019 merupakan upaya PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko yang bekerja sama dengan promotor lokal Rajawali Indonesia Communication dalam menciptakan brand awareness candi Prambanan sehingga dapat memenuhi kewajibannya. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana membuat dan merealisasikan strategi komunikasi pemasaran melalui event Prambanan Jazz Festival dalam menciptakan brand awareness candi Prambanan. Tujuan peneliti dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran melalui event Prambanan Jazz Festival dalam menciptakan brand awareness candi Prambanan.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Penelitian dilakukan dengan mewawancarai tiga narasumber dari kedua belah pihak promotor. Peneliti juga akan menyajikan dan mendeskripsikan hasil pencarian datas ekunder dari pengamatan dan dokumentasi selama event berlangsung untuk memberikan gambaran lengkap mengenai strategi komunikasi pemasaran melalui event Prambanan Jazz Festival 2019. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tujuan dari komunikasi pemasaran melalui event Prambanan Jazz Festival adalah menciptakan brand awareness candi Prambanan di kancah internasional sehingga menarik lebih banyak wisatawan dan mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga kelestarian peninggalan sejarah Indonesia. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Event, Pariwisata, Candi Prambanan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, Event, Pariwisata, Candi Prambanan
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Jan 2020 01:48
Last Modified: 29 Jan 2020 01:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21228

Actions (login required)

View Item View Item