MAGDALENE.CO SEBAGAI MEDIA BERBASIS SENSITIF GENDER (Analisis Isi Kuantitatif Kecenderungan Isi Tajuk Rencana di Magdalene.co Periode 2014 - 2018)

BAGASKARA, HARYA BARA (2019) MAGDALENE.CO SEBAGAI MEDIA BERBASIS SENSITIF GENDER (Analisis Isi Kuantitatif Kecenderungan Isi Tajuk Rencana di Magdalene.co Periode 2014 - 2018). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05467.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi informasi, kemunculan media baru menjadi salah satu sarana bagi publikasi isu-isu yang tidak dibahas oleh media arus utama. Saat ini di Indonesia sudah banyak bermunculan mediamedia baru, dari sekian banyak yang muncul, ada yang hadir dengan semangat sebagai media yang peka terhadap isu gender. Media seperti ini menawarkan sudut pandang yang berbeda dalam membingkai isu serta tidak menyudutkan kaum-kaum tertentu, khususnya kaum minoritas. Media yang berbasis sensitif gender berusaha mempopulerkan semangat baru untuk mendobrak nilai-nilai tradisional mengenai konsep gender yang sudah terbangun sejak lama dalam sebuah budaya. Salah satunya adalah Magdalene.co, media yang hadir menjadi wadah untuk siapa saja yang ingin membahas isu seputar perempuan dan kaum yang termarjinalkan yang selama ini luput oleh media arus utama. Media semacamnya masih tergolong jarang ataupun belum banyak terekspos di Indonesia, terutama yang mendedikasikan visi dan misinya untuk kesetaraan gender. Melihat media dalam menjalankan fungsinya sebagai sarana informasi dan edukasi dapat dilakukan dengan melihat kecenderungan arah opini dalam tajuk rencananya. Selain itu, tajuk rencana juga merupakan sarana media dalam menanggapi isu dan peristiwa yang sedang terjadi. Hal ini tentunya berkaitan dengan cara pandang Magdalene.co sebagai media yang berbasis sensitif gender terhadap isu-isu seputar seks, gender dan perempuan. Sesuai dengan tujuan utama berdirinya Magdalene.co untuk menjadi media yang mampu mewakili aspirasi perempuan dan kelompok minoritas lainnya. Sebagai media yang berbasis sensitif gender dengan fokus pada perempuan dan isu-isu seputar kelompok minoritas,Magdalene.co merepresentasikan identitasnya melalui pembahasan isu-isunya.Hal tersebut dilakukan Magdalene.co melalui pembahasan isu ketitidakadilan gender. Isu-isu ketidakadilan gender yang dibahas meliputi isu marginalisasi, kekerasan, beban kerja dan seksualitas. Dari pembahasan isu-isu ketidakadilan gender tersebut, dapat diihat melalui tajuk rencananya seperti apa kecenderunagn arah opininya. Hasilnya menunjukkan bahwa kecenderungan arah opini Magdalene.co dilihat dari tajuk rencananya mendukung keadilan gender. Kata Kunci: Media Baru, Seks dan Gender, Analisis Isi, Magdalene.co.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Baru, Seks dan Gender, Analisis Isi, Magdalene.co.
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Jan 2020 01:57
Last Modified: 29 Jan 2020 01:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21230

Actions (login required)

View Item View Item