PENGARUH PEMAHAMAN MATERI TERHADAP KINERJA INDIVIDU BERDASARKAN KEHADIRAN PESERTA SOSIALISASI

PUTRI, FLORENTINA ELGA ALAMANDA (2019) PENGARUH PEMAHAMAN MATERI TERHADAP KINERJA INDIVIDU BERDASARKAN KEHADIRAN PESERTA SOSIALISASI. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM05718.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pemahaman materi terhadap tingkat kinerja berdasarkan tingkat kehadiran peserta program sosialisasi Pembinaan Kelompok Budaya Kinerja (KBK), sehingga teori yang digunakan adalah komunikasi organisasi, sosialisasi, model komunikasi SMRCE, kinerja, serta kehadiran. Pemahaman diukur berdasarkan pengetahuan tentang materi-materi dalam sosialisasi Pembinaan KBK. Kinerja diukur berdasarkan produktivitas kerja peserta Pembinaan KBK. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksplanatif dengan metode survei. Kuesioner digunakan sebagai alat utama pengumpulan data pada sampel sejumlah 210 responden yang merupakan peserta Pembinaan KBK. Responden didapatkan melalui teknik simple random sampling. Teknik pengukuran data yang digunakan adalah skala Guttman dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi moderasi. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas seluruh instrumen variabel tingkat pemahaman (X), tingkat kinerja (Y), dan tingkat kehadiran (Z) dinyatakan valid dan reliabel. Perhitungan dekriptif persentase menunjukkan bahwa variabel tingkat pemahaman, tingkat kinerja, dan tingkat kehadiran termasuk dalam kategori tingkatan sangat tinggi (76%-100%). Hasil analisis regresi menunjukkan terdapat pengaruh yang sangat kuat antara tingkat pemahaman terhadap tingkat kinerja dengan nilai regresi sebesar 0,870 dan persentase pengaruh sebesar 75,7%. Tingkat kehadiran sebagai variabel moderator mampu meningkatkan nilai regresi sebesar 0,038 dan persentase pengaruh sebesar 6,7%. Terdapat beberapa kekurangan yang ditemukan penulis berkaitan dengan waktu yang digunakan dalam pelaksanaan program KBK. Sebagian responden yang tidak mampu menyelesaikan risalah tepat waktu dan kurangnya pemahaman responden tentang materi berkaitan dengan ketidakhadiran responden pada pembinaan tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang sangat kuat dan signifikan antara tingkat pemahaman materi terhadap tingkat kinerja berdasarkan tingkat kehadiran peserta program sosialisasi Pembinaan Kelompok Budaya Kinerja. Selain itu tingkat kehadiran terbukti dapat meningkatkan pengaruh yang dihasilkan oleh tingkat pemahaman terhadap tingkat kinerja. Kata kunci: komunikasi organisasi, kehadiran, kinerja, pembinaan,pemahaman, sosialisasi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komunikasi organisasi, kehadiran, kinerja, pembinaan,pemahaman, sosialisasi
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Jan 2020 03:18
Last Modified: 29 Jan 2020 03:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21247

Actions (login required)

View Item View Item