ANALISIS PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013 – 2017)

Mery, . (2019) ANALISIS PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013 – 2017). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text
EM217770.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM217771.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM217772.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
EM217773.pdf
Restricted to Registered users only

Download (903kB)
[img] Text
EM217774.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
EM217775.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM217776.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tanggung jawab sosial terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan. Sampai saat ini penelitian mengenai pengaruh tanggung jawab sosial masih belum bisa memberikan jawaban yang pasti atas pengaruhnya terhadap kinerja keuangan pada perusahaan. Disatu sisi CSR dilakukan oleh perusahaan dapat menjadi modal investasi untuk keberlanjutan hidup, tetapi di sisi lain CSR memakan biaya yang tidak kecil. Banyaknya persepsi atas kegiatan CSR yang dilakukan dan keterkaitannya akan kepentingan banyak pihak menjadikan kegiatan CSR sebuah dilema bagi perusahaan, terutama perusahaan yang sudah go public. Objek penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI dengan jumlah sampel 25 perusahaan. Tanggung jawab sosial dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan CSRDI berdasarkan pedoman GRI-G4. Kinerja keuangan perusahaan dalam penelitian ini diproksikan oleh 8 variabel indikator kesehatan bank, yakni ROA, ROE, NIM, BOPO, CAR, BDR, NPL, dan LDR. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda data panel dengan bantuan alat penelitian Eviews 10. Hasil penelitian manunjukkan bahwa tanggung jawab sosial yang diproksikan oleh tanggung jawab atas tenaga kerja, tanggung jawab ekonomi, dan tanggung jawab atas produk memiliki pengaruh terhadap BDR, NPL, dan LDR. Tetapi hanya tanggung jawab atas produk yang mendukung hipotesis penelitian. Tanggung jawab atas produk menunjukkan pengaruh terhadap BDR dan NPL secara negatif dan mempengaruhi LDR secara positif, sesuai dengan hipotesis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, GRI-G4, Kinerja Keuangan Perusahaan, Kesehatan Bank, Return on Asset, Return on Equity, Net Interest Margin, Beban/Pendapatan Operasional, Capital Adequacy Ratio, Bad Debt Ratio, Non Performing Loan, Loan to Deposit Ratio
Subjects: Manajemen > Operasi dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Perpustakaan UAJY
Date Deposited: 27 Mar 2020 10:07
Last Modified: 27 Mar 2020 10:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21636

Actions (login required)

View Item View Item