STRUKTURASI KOMUNIKASI INTERNAL DALAM PRAKTIK MEDIA RELATIONS DI DALAM INDUSTRI MEDIA

Pratama, Brahma Putra (2018) STRUKTURASI KOMUNIKASI INTERNAL DALAM PRAKTIK MEDIA RELATIONS DI DALAM INDUSTRI MEDIA. INFORMASI: Kajian Ilmu Komunikasi, 48 (1). pp. 49-53. ISSN 0126-0650

[img]
Preview
Text
Jurnal INFORMASI-artikel Penulis Brahma.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

Media relations merupakan salah satu praktik yang terdapat dalam sistem departemen public relations (PR). Departemen PR dari suatu industri media ternyata masih perlu melakukan praktik media relations dengan industri media lain meskipun telah memiliki saluran media untuk menyebarkan informasi. Praktik media relations bertujuan supaya informasi dari suatu organisasi dapat disebarluaskan kepada publik melalui saluran suatu industri media. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan proses awal berupa interaksi dan komunikasi di lingkungan internal organisasi antara staf PR dengan atasannya. Staf PR dan atasannya sebagai agen menggunakan struktur dalam bertindak dalam proses produksi dan reproduksi sistem. Untuk mengetahui bagaimana proses produksi dan reproduksi sistem tersebut dalam interaksi para agen dalam praktik media relations, maka diperlukan analisis menggunakan teori strukturasi adaptif yang dikembangkan oleh McPhee dan Poole. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan memberikan pemahaman mengenai strukturasi komunikasi internal dalam praktik media relations yang terjadi di dalam departemen PR. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus instrumental tunggal dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Dari penelitian ini ditemukan bahwa di dalam sistem departemen PR, staf berhubungan dengan atasannya di lingkungan internalnya dalam melakukan praktik media relations dan para agen menggunakan struktur dalam bertindak dan berinteraksi sehingga sistem dan praktik dapat berlangsung terus-menerus baik sebagai rutinitas maupun sebagai transformasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Structuration, Internal Communication, Media Relations, Media Industry.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Jul 2020 03:58
Last Modified: 28 Jul 2020 03:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/21867

Actions (login required)

View Item View Item