LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR STASIUN KERETA API DI KABUPATEN MAGELANG DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR SIMBIOSIS

MARIS, BIRGITA STELLA (2019) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR STASIUN KERETA API DI KABUPATEN MAGELANG DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR SIMBIOSIS. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
TA 0115838.pdf

Download (271MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TA 1115838.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TA 2115838.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
TA 3115838.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
TA 4115838.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
TA 5115838.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TA 6115838.pdf

Download (452kB) | Preview

Abstract

Kereta api merupakan salah satu moda transportasi yang relevan dan signifikan bagi Kabupaten Magelang. Signifikan karena sesuai dengan kebutuhan transportasi kereta sebagai penunjang kegiatan ekonomi, terlebih pendapatan dari sektor pariwisata. Relevan karena akan mempercepat ergerakan perekonomian, mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, dan menurunkan angka kepadatan jalan raya. Stasiun kereta api merupakan sarana umum untuk pemberhentian dan pemberangkatan kereta dari satu tempat ke tempat lain. Didalamnya terdapat beberapa tahapan yang perlu dilalui oleh pengguna stasiun, baik setelah maupun sebelum menaiki kereta. Karakter nformatif perlu diterapkan pada stasiun untuk mempermudah dan memperlancar pergerakan pengguna stasiun. Stasiun Palbapang, yang merupakan salah satu stasiun kereta api di Kabupaten Magelang, akan menjadi gerbang penyambut wisatawan karena menghubungkan daerah disekitar Magelang dengan beberapa tempat wisata di Kabupaten Magelang. Maka, selain informatif Stasiun Palbapang juga memerlukan karakter rekreatif. Karakter informatif dan rekreatif disampaikan melalui pengolahan elemen sirkulasi dan tata ruang dalamnya. Stasiun Palbapang akan menjebatani nilai dan kepentingan berbeda, oleh karena itu pendekatan arsitektur simbiosis diterapkan pada desain stasiun kereta. Melalui arsitektur simbiosis, dua hal yang berbeda dalam sebuah desain bukan saling mengalahkan satu sama lain, namun berdiri tanpa mengganggu satu sama lain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Stasiun Kereta Api, Arsitektur Simbiosis, Informatif dan Rekreatif,Sirkulasi dan Ruang dalam
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 Sep 2020 02:26
Last Modified: 07 Sep 2020 02:26
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22030

Actions (login required)

View Item View Item