LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PENGEMBANGAN BANDARA UDARA NOP GOLIAT DEKAI DI YAHUKIMO, PAPUA

GIBAN, ALEX (2019) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PENGEMBANGAN BANDARA UDARA NOP GOLIAT DEKAI DI YAHUKIMO, PAPUA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
TA 015145.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TA 115145.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TA 215145.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
TA 315145.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
TA 415145.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
TA 515145.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB vI)
TA 615145.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Transportasi merupakan salah satu alat pemindah manusia atau barang dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan enggunakan sebuah sarana yang dikenal degan sebutan kendaraan, yang digerakan oleh tenaga manusia atau mesin. Transportasi dibagi menjadi tiga, transportasi udara, transportasi darat dan transportasi laut. Pertumbuhan industri (masakapai) bertumbuh sangat pesat beriringan dengan pertumbuhan penumpang penggunan transportasi udara, dengan adanya transportasi udara manusia dapat memangkas waktu perjalanan dari satu kota ke kota lainnya. Dengan demikian dibutuhkannya fasilitas yang memadai untuk mengakomodasi hal ini. Namun pada saat ini, Bandar Udara Nop Goliat Dekai,Yahukimo belum memiliki fasilitas yang memadai dan sudah melewati batas kapasitas penumpang untuk mewadahi kegiatan kebandarudaraaan. Dari hal tersebut maka dibutuhkan Bandar Udara baru yang dapat mengakomodasi kegiatan kebandarudaraan yang dapat digunakan secara berkelanjutan. Melalui terminal penumpang yang baru, diharapkan dapat mengakomodasi kegiatan penumpang maupun perpindahan barang baik keberangkatan, kedatangan, maupun transit. Dengan bentuk moderen, tepat untuk diterapkan dimasa sekarang karena memiliki penekanan pada fungsinya, sehingga kegiatan baik penumpang maupun pengelola dapat berlangsung secara efisien. Namun disamping itu, bangunan moderen harus dapat menyatu dengan lingkungan dan budaya lokalitas disuatu daerah. Hal ini dapat ditunjukan melalui gubahan massa dan visual ruangan berdasarkan nilai-nilai dan budaya lokal yang dimiliki Papua (Yahukimo). Tujuan dari hal ini yaitu untuk menunjukan identitas bangunan terminal udara sebagai landmark kota atau ikonik. Selain itu, penggunaan dasarperancangan sustainable diperlukan pada bangunan agar dapat bertahan lama dan tanggap terhadap perubahan iklim.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 Sep 2020 03:46
Last Modified: 07 Sep 2020 03:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22032

Actions (login required)

View Item View Item