LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR RUMAH RETRET YANG MEDITATIF DAN REFLEKTIF DI CANGGU DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGIS CAHAYA

SUTRISNO, ADHITYA (2019) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR RUMAH RETRET YANG MEDITATIF DAN REFLEKTIF DI CANGGU DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGIS CAHAYA. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Judul dan abstrak)
TA 015869.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
TA 115869.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
TA 215869.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab III)
TA 315869.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (Bab IV)
TA 415869.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab V)
TA 515869.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
[img]
Preview
Text (Bab VI)
TA 615869.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Peningkatan aktifitas kerja membuat masyarakat di Bali ingin mencari suasana lain yang dapat menenangkan rohani dan jasmani. Sedangkan sarana retret dan juga relaksasi kurang memadai di Bali khususnya di beberapa area yang sibuk, seperti kota Denpasar. Sarana Retreat sudah banyak terdapat di Bali, tetapi jaraknya yang cukup jauh dari pusat kota Denpasar membuat orang malas untuk pergi kesana, daerah yang terdapat rumah retreat biasanya di terdapat di daerah Singaraja, Ubud, Kintamani, dan Bedugul. Sarana retreat yang disediakan pun hanya sebatas seperti area penginapan yang dilengkapi dengan lapangan yang fungsinya fleksibel serta fasilitas yang kurang memadai. Lalu bagaiamana merancang sebuah sarana rumah retret dengan fasilitas yang dapat menampung orang yang inginbermeditasi dan yang ingin berefleksi mendekatkan diri dengan Tuhan atau hanya sekedar mencari ketenangan batin. Semua itu dikemas dengan menggabungkan dan menganalisis bagaimana cahaya dapat membuat orang merasa lebih bahagia dan lebih sehat. Karena menurut Academi Of Neuroscience For Architecture dapat berdampak pada kondisi tubuh dan kondisi Psikologis manusia. Lalu bagaimana wujud rancangan Rumah Retret dan Relaksasi di Canggu yang mampu mengakomodasi kebutuhan peserta dalam bentuk suasana hati melalui pengolahan cahaya pada ruang. Cahaya yang dianalisis menggunakan simulasi pada unsur ruang menghasilkan ketentuanketentuan ruang yang dapat mengubah jasmani dan rohani manusia menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Relaksasi, Refleksi, Suasana Hati, Cahaya.
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Oct 2020 03:13
Last Modified: 23 Oct 2020 03:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22235

Actions (login required)

View Item View Item