STUDI EKSPERIMENTAL KUAT LENTUR BALOK DENGAN PELEBARAN DIMENSI PADA DAERAH TUMPUAN BALOK BETON BERTULANG DAN PEMODELAN MENGGUNAKAN LUSAS

Valentine, Claudya (2020) STUDI EKSPERIMENTAL KUAT LENTUR BALOK DENGAN PELEBARAN DIMENSI PADA DAERAH TUMPUAN BALOK BETON BERTULANG DAN PEMODELAN MENGGUNAKAN LUSAS. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Claudya Valentine)
02165020.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
02165021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text
02165022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB)

Abstract

Kegagalan pada balok beton bertulang adalah salah satunya pada tumpuan atau sambungan antara kolom dan balok. Perkuatan (retrofitting) pada daerah kerusakan menjadi solusi dalam mencegah kegagalan tumpuan balok. Bentuk perkuatan dapat dalam bentuk penambahan material ataupun penambahan dimensi. Dalam studi eksperimental ini digunakan perkuatan berupa variasi dimensi tumpuan balok yaitu pelebaran dimensi tumpuan balok. Eksperimental dilakukan terhadap dua buah jenis balok kantilever dengan total bentang 1000 mm, balok tanpa pelebaran sebagai balok kontrol dan balok dengan pelebaran dimensi tumpuan sebagai fokus penelitian. Pembebanan yang dilakukan adalah pembebanan terpusat pada bentak 700 mm dari tumpuan balok. Dilakukan pula pemodelan dan analisis menggunakan software LUSAS dengan input data sesuai dengan keadaan benda uji eksperimental. Hasil eksperimental menunjukan bahwa balok dengan pelebaran dimensi pada daerah tumpuan memiliki ketahanan dalam menahan beban sebesar 145% lebih besar dan kekakuan yang dapat dilihat dari nilai defleksinya. Didapat pula transfer retak pada daerah transisi perubahan kedua dimensi tumpuan dan lapangan sebelum kegagalan fatal terjadi di tumpuan atau sambungan balok. Kegagalan pada tumpuan atau sambungan balok diakibatkan karena momen yang diterima sudah melampaui momen maksimal dari balok tersebut. Ada pula analisis menggunakan software LUSAS yang menghasilkan perbandingan ketahanan kedua jenis balok terhadap overloading. Didapat kapasitas beban balok dengan pelebaran dimensi pada tumpuan menggunakan software LUSAS yaitu sebesar 154% lebih besar dari balok kontrol. Selain kapasitas beban maksimum didapat pula nilai defleksi, sehingga dapat dilihat pula daktilitas balok uji.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: balok kantilever, kuat lentur, software LUSAS, daktilitas, perkuatan,retrofitting.
Subjects: Sipil > Struktur
Sipil > Struktur
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 29 Oct 2020 02:47
Last Modified: 29 Oct 2020 02:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22278

Actions (login required)

View Item View Item