STUDI EKSPERIMENTAL KUAT GESER BALOK DENGAN PELEBARAN DIMENSI PADA DAERAH TUMPUAN BALOK BETON BERTULANG DAN PEMODELAN DENGAN LUSAS

Purba, Luki Hariando (2020) STUDI EKSPERIMENTAL KUAT GESER BALOK DENGAN PELEBARAN DIMENSI PADA DAERAH TUMPUAN BALOK BETON BERTULANG DAN PEMODELAN DENGAN LUSAS. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Luki Hariando Purba)
02165830.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
02165831.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img] Text
02165832.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan bidang konstruksi bangunan gedung saat ini, para ahli dalam merancang sebuah bangunan gedung melakukan inovasi-inovasi untuk meningkatkan kekuatan struktur bangunan tersebut. Kestabilan suatu struktur bangunan sangat penting. Salah satu meningkatkan kestabilan struktur bangunan adalah dengan menambah kekakuan elemen-elemen struktur tersebut. Penelitian ini adalah Studi Eksperimental Kuat Geser Balok Dengan Pelebaran Dimensi Pada Tumpuan Balok Beton Bertulang dan Pemodelan Dengan Software Lusas. Penelitian ini akan membandingkan balok BG1 (tanpa pelebaran pada tumpuan) dengan balok BG2 (dengan pelebaran pada tumpuan). Balok BG1 dan balok BG2 tidak diberi tulangan geser pada zona geser balok. Hasil penelitian yang didapatkan adalah hasil penelitian secara eksperimental dan hasil analisis software Lusas dengan membandingkan balok BG1 dan balok BG2. Perbandingan Hasil ekspermental membuktikan bahwa balok BG2 dengan pelebaran pada tumpuan mampu meningkatkan kuat geser yang disediakan oleh beton sebesar 108,40%, meningkatkan kekuatan dalam menahan beban sebesar 36,78% dan meningkat kekakuan pada balok. Hasil perbandingan dengan analisis software Lusas juga membuktikan bahwa balok BG2 dengan pelebaran pada tumpuan juga mampu meningkatkan kekuatan dalam menahan beban dan meningkatkan kekakuan balok. Penelitian ini juga membandingkan hasil eksperimental dengan hasil analisis software Lusas. Dari hasil perbandingan yang didapatkan tidak ada perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Perkuatan, Kekakuan, Kuat Geser, software Lusas, Balok.
Subjects: Sipil > Struktur
Sipil > Struktur
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 29 Oct 2020 04:14
Last Modified: 29 Oct 2020 04:14
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22282

Actions (login required)

View Item View Item