Bella, Maria Orchita (2011) GRAHA APRESIASI SENI LUKIS ANAK DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TA12724.pdf Download (559kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TA12724.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TA12724.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TA12724.pdf Restricted to Registered users only Download (785kB) |
||
Text (Bab IV)
4TA12724.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (Bab V)
5TA12724.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
||
|
Text (Bab VI)
6TA12724.pdf Download (25MB) | Preview |
Abstract
“Graha Apresiasi Seni Lukis Anak di Yogyakarta” merupakan wadah bagi perkembangan dunia seni lukis anak-anak. Proyek ini mewadahi aktivitas yang berhubungan dengan apresiasi terhadap seni lukis anak-anak di Yogyakarta, baik itu dalam pendidikan seni lukis maupun pameran dan workshop. Fasilitas -fasilitas yang tersedia terbagi menjadi dua, fasilitas pendidikan dan fasilitas apresiasi. Fasilitas pendidikan dengan tingkatan kelas berdasarkan kompetensi dan tingkatan umur anakanak berupa : ruang inisiasi terbuka, studio dalam ruang, studio luar ruang, perpustakaan, dan selasar galeri. Fasilitas apresiasi sebagai ruang pamer hasil karya anakanak berupa galeri indoor, galeri outdoor, fasilitas workshop serta fasilitas pendukung lainnya seperti pengelola, perpustakaan, dan kantin. Fasilitas pelayanan publik berupa restaurant, toko souvenir, taman, dan tempat parkir. Permasalahan pada “Graha Apresiasi Seni Lukis Anak di Yogyakarta”, yaitu Bagaimana wujud rancangan Graha Apresiasi Seni Lukis Anak di Yogyakarta yang dapat memberikan stimulasi imajinatif melalui pengolahan elemen arsitektural dengan pendekatan filosofi gambar anak?. Oleh karena itu, proses pembelajaran menggunakan metode stimulasi imajinatif untuk merangsang kreativitas anak-anak dalam menyalurkan ide maupun gagasannya melalui rangsangan visual, dan fisik, diantaranya gerakan, rabaan dan sense of place. Metode pembelajaran tersebut didukung dengan pengolahan elemen arsitektural yang dapat mendukung terlaksananya stimulasi imajinatif. Diharapkan dengan pengolahan ruang dan elemen arsitektural tersebut anak semakin memahami dan menguasai kompetensi dalam melukis dengan pendekatan 3 kata kunci: imajinasi, pengalaman sehari-hari, dan presentasi yang merupakan 3 dasar dalam penguasaan seni lukis anakanak. Pengolahan imajinasi, pengalaman sehari-hari, dan presentasi ini berupa pengolahan tata masa yang menggunakan datum yang berbeda, pengolahan sirkulasi untuk memperoleh pengalaman meruang yang berbeda, memunculkan peristiwa seharihari ke dalam bentuk yang imajinatif, serta mendekatkan ataupun memasukkan suasana alami ke dalam bangunan seperti keterbukaan yang dominan mengarah ke luar, penggunaan elemen air, vegetasi serta material eksposes.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan seni, apresiasi seni, stimulasi imajinasi |
Subjects: | Arsitektur > Bangunan Arsitektural Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 17 Jun 2013 11:04 |
Last Modified: | 17 Jun 2013 11:04 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2235 |
Actions (login required)
View Item |