ANALISIS KINERJA PARKIR DAN BIAYA PENGELOLAAN PARKIR KENDARAAN PENGUNJUNG PUSAT PERBELANJAAN (Studi Kasus : Area Parkir Transmart Maguwo Yogyakarta )

WARDANA, GIRINDRA (2019) ANALISIS KINERJA PARKIR DAN BIAYA PENGELOLAAN PARKIR KENDARAAN PENGUNJUNG PUSAT PERBELANJAAN (Studi Kasus : Area Parkir Transmart Maguwo Yogyakarta ). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DQN ABSTRAK)
BAB 0 EDIT.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I (GIRI) PENDAHULUAN.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
BAB II (GIRI) TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III (GIRI) LANDASAN TEORI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV (GIRI) METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB V (GIRI) ANALISIS DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI (GIRI) KESIMPULAN & SARAN + DAPUS + LAMPIRAN.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Transmart Maguwo Yogyakarta merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang ada di Yogyakarta. Banyak aktivitas pengunjung yang terjadi disekitar pusat perbelanjaan, maka dari itu pengelolaan sarana prasarana harus optimal, salah satunya lahan parkir. Besarnya lahan parkir mempengaruhi juga besarnya biaya yang dikeluarkan akan kebutuhan lahan parkir tersebut sehingga perlu adanya suatu analisis agar adanya keseimbangan antara kebutuhan ruang parkir dan pengendalian biaya pengembalian biaya investasi untuk membangun prasarana dan operasional parkir. Selain itu penelitian ini menganalisis karakteristik parkir kendaraan yang meliputi: akumulasi parkir, volume parkir, tingkat turnover, indeks parkir, durasi parkir, kebutuhan ruang parkir, dan kapasitas ruang parkir. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengolah data-data sekunder selama 3 hari yang didapatkan dari pihak pengelola parkir Transmart Maguwo Yogyakarta. Pada pengolahan data mengunakan metode perhitungan karakteristik parkir berdasarkan buku Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas (Hobbs, 1995) dan menggunakan metode perhitungan payback period pada buku Ekonomi Teknik (Giatman 2006). Berdasarkan hasil analisis data perhitungan karakteristik parkir yang dilakukan pada hari Sabtu,Minggu, dan Rabu pada tanggal 6,7, dan 10 April 2019 pukul 09:00 – 22:00 WIB diperoleh hasil bahwa : akumulasi parkir maksimal terjadi pada hari Minggu, untuk mobil sebesar 187 kendaraan, sedangkan sepeda motor sebesar 334 kendaraan, volume maksimal mobil dan sepeda motor terjadi pada hari Minggu, tingkat turnover maksimal sepeda motor dan mobil terjadi pada hari Minggu sebesar 2.75 dan 2.95 kendaraan/hari/ruang, indeks parkir rata-rata terbesar untuk mobil dan sepeda motor juga tejadi pada hari Minggu yaitu 68,62 % dan sebesar 31,22 %, durasi parkir tertinggi sepeda motor terjadi pada hari Sabtu selama lebih dari 360 menit sebanyak 269, sedangkan mobil terjadi pada hari Minggu selama 0 - 60 menit sebanyak 404 kendaraan, pendapatan rata-rata parkir sebesar Rp. 5.302.667,-/ hari. Kalkulasi biaya pembangunan dan pengadaan fasilitas pendukung parkir adalah sebesar Rp. 50.912.884.000 , jangka waktu pengembalian biaya pembangunan parkir terjadi pada tahun ke 6,91 atau (6 tahun + 11 bulan + 2 hari ).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: parkir, kebutuhan ruang parkir, kapasitas ruang parkir, pendapatan parkir, payback period.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Nov 2020 03:56
Last Modified: 04 Nov 2020 03:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22372

Actions (login required)

View Item View Item