EVALUASI PELAYANAN FASILITAS PEJALAN KAKI (Studi Kasus : JL. BRIGJEND KATAMSO YOGYAKARTA)

WIDAYAKA, JOHANES ARENDRA BAYU (2019) EVALUASI PELAYANAN FASILITAS PEJALAN KAKI (Studi Kasus : JL. BRIGJEND KATAMSO YOGYAKARTA). S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (JUDUL DAN ABSTRAK)
Halaman Judul.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (844kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (813kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III.pdf

Download (867kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Yogyakarta sebagai salah kota yang sedang mengalami perkembangan ekonomi dengan bertambahnya kawasan perdagangan dan kawasan pariwisata yang mengakibatkan pertumbuhan kendaraan bermotor dan pejalan kaki yang cukup besar. Jalan Brigjend Katamso yang cukup ramai dikarenakan terdapat kawasan pendidikan, kawasan perdagangan, juga tempat makan, keberadaanVkawasan tersebut tentunya akan menimbulkan konflik antara pejalan kaki dengan arus lalu lintas sehingga dibutuhkan fasilitas pejalan kaki yang benar-benar bisa melayani para pejalan kaki. Penelitian Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan fasilitas pejalan kaki tehadap pejalan kaki yang berada di kawasan Pasar Serangan Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan evaluasi kondisi eksiting trotoar, pengumpulan data volume pejalan kaki, pengumpulan data volume penyeberang jalan, dan pengumpulan data volume kendaraan. Data yang sudah dipeoleh kemudian dilakukan pengolahan berdasarkan peraturan-peraturan dan syarat teknis yang berlaku. Dari hasil analisis dan pembahasan data, diperoleh hampir seluruh perhitungan lebar trotoar eksisting lebih kecil dari lebar trotoar yang dibutuhkan, sehingga kondisi lebar rotoar yang ada saat ini dinyatakan masih belum layak untuk dapat melayani pejalan kaki. Juga kondisi tersebut diperparah dengan adanya pengalihan fungsi jalur pejalan kaki menjadi area berniaga pedagang kaki lima, dan parkir motor.Tingkat pelayanan pada lokasi penelitian masuk kategori tingkat pelayanan standar E. Fasilitas penyeberangan yang semula berupa zebra cross harus ditingkatkan menjadi pelican cross dengan lapak tunggu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: trotoar, pejalan kaki, tingkat pelayanan, zebra cross.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Nov 2020 04:08
Last Modified: 04 Nov 2020 04:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22374

Actions (login required)

View Item View Item