PENGARUH PAPARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP NIAT MENGUNJUNGI DESTINASI WISATA (STUDI PADA STUDIO ALAM GAMPLONG)

Wangka, Handry Alvin (2020) PENGARUH PAPARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP NIAT MENGUNJUNGI DESTINASI WISATA (STUDI PADA STUDIO ALAM GAMPLONG). S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Handry Alvin Wangka)
5002875 0.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
5002875 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
5002875 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang bagaimana pengaruh paparan media sosial dalam membentuk perilaku berkunjung wisatawan ke destinasi wisata. Destinasi wisata yang dimaksud dalam penelitian ini adalah destinasi wisata film seperti Studio Alam Gamplong dan juga bagaimana hal tersebut mempengaruhi keinginan dan gratifikasi konten destinasi. Kuesioner yang didistribusikan sebanyak 202 namun pada jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 173 responden yaitu responden yang pernah mengakses informasi tentang film Bumi Manusia dan mengetahui Studio Alam Gamplong sebagai lokasi syuting film Bumi Manusia. Hasil penelitian diketahui bahwa paparan media sosial berpengaruh pada niat mengunjungi destinasi wisata melalui keinginan melakukan perjalanan dan gratifikasi konten destinasi, serta pengaruh secara langsung antara paparan media sosial pada niat mengunjungi destinasi wisata. Selain itu, uji mediasi menghasilkan model mediasi komplementer dan parsial yang dapat mempengaruhi antara variabel independen terhadap variabel dependen dalam model baik secara langsung maupun tidak langsung. Keinginan melakukan perjalanan merupakan variabel penting pada penelitian ini dalam merumuskan niat berkunjung wisatwan ke destinasi wisata Studio Alam Gamplong.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Paparan media sosial, keinginan melakukan perjalanan, gratifikasi konten, dan niat mengunjungi destinasi wisata.
Subjects: Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 10 Nov 2020 14:53
Last Modified: 10 Nov 2020 14:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22430

Actions (login required)

View Item View Item