“Analisis Tingkat Kesiapan Civitas Akademika Universitas Atma Jaya Yogyakarta dalam Penerapan Metode Belajar Blended Learning menggunakan Metode ELR(E-Learning Readiness)”

Kurniawan, Saverius Rischo Setyo (2020) “Analisis Tingkat Kesiapan Civitas Akademika Universitas Atma Jaya Yogyakarta dalam Penerapan Metode Belajar Blended Learning menggunakan Metode ELR(E-Learning Readiness)”. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Saverius Rischo Setyo Kurniawan)
1617089441.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
1617089443.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text
1617089444.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB)

Abstract

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat ini telah mencanangkan program kampus merdeka, sehingga proses belajar mengajar saat ini diharapkan dapat menjadi lebih baik lagi dan tentunya akan memberikan kenyamanan mahasiswa dalam proses belajar mengajar. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan dengan memanfaatkan teknologi adalah Blended Learning. Blended Learning merupakan metode pembelajaran tatap muka yang dikombinasikan dengan pemanfaatan teknologi. Universitas Atma Jaya Yogyakarta melalui Rektor mengeluarkan SK Rektor yang menghimbau kepada seluruh dosen di Universitas Atma Jaya Yogyakarta untuk menerapkan metode Blended Learning di tahun ajaran 2019/2020. Penerapan pembelajaran Blended Learning di Universitas Atma Jaya Yogyakarta merupakan yang pertama kali, sehingga perlu diukur kesiapan penerapan Blended Learning dari berbagai aspek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesiapan penerapan pembelajaran Blended Learning pada Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Oleh karena itu pada penelitian ini, peneliti akan mengukur tingkat kesiapan Universitas Atma Jaya Yogyakarta dalam penerapan metode pembelajaran Blended Learning. Peneliti akan memakai model ELR (E-Learning Readiness) yang dicetuskan oleh Aydin & Tasci untuk mengukur tingkat kesiapan. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa nilai tingkat kesiapan penerapan metode belajar Blended Learning di Universitas Atma Jaya Yogyakarta sebesar 3,58 yang berarti siap dan perlu sedikit peningkatan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning; E-Learning Readiness; Teknologi; E-Learning; Tingkat Kesiapan;
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Nov 2020 03:19
Last Modified: 17 Nov 2020 01:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22522

Actions (login required)

View Item View Item