PERAN CORPORATE IDENTITY DALAM PEMBENTUKAN CITRA DI DISTRO SLACKERS (Studi Kasus Identitas Visual Distro Slackers)

Wijaya, Georgius Henky Sukma (2013) PERAN CORPORATE IDENTITY DALAM PEMBENTUKAN CITRA DI DISTRO SLACKERS (Studi Kasus Identitas Visual Distro Slackers). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02530.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02530.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM02530.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM02530.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02530.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

Persaingan yang ketat dalam dunia usaha sekarang ini menyebabkan pentingnya setiap badan usaha untuk dapat memiliki corporate identity/identitas perusahaan, karena identitas perusahaan adalah salah satu cara perusahaan atau organisasi untuk bisa menampilkan eksistensinya di dalam interaksi sosial. Identitas perusahaan yang baik dan kuat merupakan pra-syarat membangun citra baik perusahaan di kelak kemudian hari. Hal itu karena identitas perusahaan membentuk kesan pertama yang dapat mempengaruhi persepsi terhadap individu atau organisasi. Semakin lama masyarakat mengenal baik perusahaan tertentu, semakin besar pula kemungkinan mereka bersikap positif terhadap perusahaan itu. Bahkan, dengan mengubah identitas perusahaan kadang-kadang perusahaan dapat mengubah atau memperbaiki citra mereka di masyarakat (Sutojo, 2004:18-19). Dalam penelitian ini, citra yang dimaksud merupakan citra yang berlaku di masyarakat mengenai kesan mereka terhadap konsep yang dimiliki oleh Distro Slackers sebagai corporate identity dan citra yang ingin diketahui adalah pencitraan tentang musik dan otomotif. Pembentukan citra musik dan otomotif pada Distro Slackers dipengaruhi oleh tampilan ruangan dan desain interior. Subyek penelitian ini adalah pihak pengelola dan pengunjung Distro Slackers. Metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap pihak manajemen dan pengunjung Distro Slackers. Teknik analisis data dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif yang bersifat kualitatif. Analisis data menggunakan proses pengelompokan data dalam pola dan satu uraian dasar sehingga dapat dirumuskan hipotesis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tampilan ruangan dan desain interior sebagai simbol dari identitas organisasi yang dapat membentuk citra. Maka untuk dapat menciptakan identitas yang baik dan kuat melalui tampilan ruangan dan desain interior, sebuah organisasi harus dapat menguasai unsur-unsur tampilan ruangan dan desain interior yang dapat membentuk terciptanya identitas perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tampilan ruangan dan desain interior, Corporate Identity, Citra
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Apr 2013 08:45
Last Modified: 01 May 2013 09:16
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/226

Actions (login required)

View Item View Item