Komersialisasi Seni Pertunjukan Terhadap Ikatan Sosial Masyarakat Ubud Bali pada Tradisi Budayanya

Kertonegoro, R Bg Arya Bayu Ambarawa (2011) Komersialisasi Seni Pertunjukan Terhadap Ikatan Sosial Masyarakat Ubud Bali pada Tradisi Budayanya. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0SOS03146.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1SOS03146.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2SOS03146.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3SOS03146.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4SOS03146.pdf

Download (61kB) | Preview

Abstract

Karya Tulis Ilmiah ini bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan fenomena komersialisasi seni pertunjukan yang terjadi di Ubud Bali, dimana komersialisasi seni pertunjukan merupakan bagian utama dari kegiatan pariwisata Bali. Di samping mendeskripsikan fenomena komersialisasi seni pertunjukan Bali, Karya Tulis Ilmiah ini ingin memberikan kajian yang berimbang pada pernyataan-pernyataan ataupun pendapat bahwa komersialisasi seni pertunjukan Bali lebih banyak memberikan dampak negatife pada aspek sosial budaya masyarakat Ubud Bali, Sehingga mengancam kelestarian budaya tradisional Bali. Dalam Karya Tulis Ilmiah ini juga dipertanyakan bagaimana implikasi komersialisasi seni pertunjukan terhadap ikatan sosial masyarakat Ubud Bali pada tradisi budayanya? Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah studi literaratur, observasi dengan melakukan pengamatan di desa Ubud Bali, dan wawancara yang dilakukan dengan klian Banjar Ubud dan ketua sekaa Sadha Budaya. Hasil analisa membuktikan bahwa komersialisasi seni pertunjukan tidak melemahkan ikatan sosial masyarakat Ubud Bali melainkan malah memperkuat ikatan tersebut, dimana frekuensi pertemuan warga bukan semakin berkurang melainkan semakin bertambah, sedangkan kerjasama antar warga semakin kuat dilihat dari proses revitalisasi budaya yang mereka lakukan dalam menjaga dan melestarikan budaya Bali.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komersialisasi seni pertunjukan, ikatan sosial, revitalisasi budaya
Subjects: Sosiologi > Media
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Jun 2013 13:50
Last Modified: 17 Jun 2013 13:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2260

Actions (login required)

View Item View Item