PROSES KREATIF PRODUKSI PESAN OBLONG DAGADU DJODKJA (Studi Kasus Tentang Tahapan Proses Kreatif Produksi Pesan Pendidikan dalam Kegiatan Aktivasi Merk “Roemah Moedik”)

Setyawan, Hilarius Eduardo Herlangga Surya (2012) PROSES KREATIF PRODUKSI PESAN OBLONG DAGADU DJODKJA (Studi Kasus Tentang Tahapan Proses Kreatif Produksi Pesan Pendidikan dalam Kegiatan Aktivasi Merk “Roemah Moedik”). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02743.pdf

Download (14MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02743.pdf

Download (704kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM02743.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM02743.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02743.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tahapan proses kreatif produksi pesan pendidikan yang berlangsung dalam kegiatan aktivasi merk “ Roemah Moedik” Dagadu Djokdja yang dilangsungkan pada tahun 2010. Penelitian ini dilakukan atas dasar keingintahuan peneliti terhadap fenomena yang terjadi pada proses pra kegiatan aktivasi merk yang menitikberatkan pada fenomena kegiatan kreatif yang berlangsung untuk mengetahui lebih dalam apa saja yang terjadi dan yang dilakukan dalam tahapan proses produksi pesan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan teknik peneltian deskriptif kualitatif. Langkah yang dilakukan dalam peneltian yakni : (1) Pengumpulan Data dengan melakukan wawancara dan mengumpulkan dokumentasi , (2) Reduksi Data, (3) Kesimpulan dan Verifikasi. Tahapan proses kreatif produksi pesan yang terjadi di dalam tubuh Dagadu Djokdja merupakan sebuah cara yang ditempuh dalam proses pra kegiatan aktivasi merk bertajuk “Roemah Moedik” dengan melibatkan berbagai pihak yang di Dagadu Djodkdja. Kegiatannya meliputi penentuan tema besar acara, prosespenggalian ide untuk acara di lapangan, dan proses penciptaan sebuah desain tematis “Roemah Moedik”. Proses ini berlangsung dalam rentang waktu yang relatif singkat namun berupaya untuk menggali berbagai ide yang kemudian dapat diaplikasikan dalam kegiatan “Roemah Moedik”. Tujuan dari kegiatan aktivasi merk ini antara lain adalah media penyampaian pesan atau idealisme Dagadu Djokdja khususnya tentang pendidikan kepada pengunjung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tahapan proses kreatif, aktivasi merk, roemah moedik
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Apr 2013 08:48
Last Modified: 01 May 2013 12:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/227

Actions (login required)

View Item View Item