MEDIA PLANNING FOR BEGINNERS

Ratriyana, Ina Nur (2020) MEDIA PLANNING FOR BEGINNERS. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Yogyakarta. ISBN 978-602-50218-8-6

[img]
Preview
Text (Ina Nur Ratriyana)
Media Planning for Beginners_Cover.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perencanaan media komunikasi pemasaran seringkali dianggap sebagai sebuah bagian dari komunikasi yang kurang penting. Padahal, ketika seorang planner, pemilik merek, agensi ataupun humas telah menyelesaikan konsepnya dengan sebaik dan sekreatif mungkin namun tanpa diikuti pemilihan media yang tepat, bisa jadi apa yang dilakukannya sia-sia belaka. Channel, sebagai bagian dari proses komunikasi tentunya melengkapi siklus yang terus menerus terjadi. Posisinya berada di tengah antara sender dan receiver, antara encoding dan decoding. Tanpa channel yang tepat, pesan yang dikirimkan hanya akan mandeg di jalan dan tidak bisa berfungsi sebagaimana dikehendaki. Channel bisa jadi tidak bermanfaat dan hanya menjadi noise belaka. Hal ini terjadi dengan keberadaan baliho di berbagai ruas jalan di Indonesia. Janganjangan fungsinya sebagai channel komunikasi sudah tidak lagi berlaku melainkan hanya menjadi sampah komunikasi dan sampah visual belaka. Lagi-lagi ini diawali oleh ketidaktahuan pemilik merek bahwa baliho tidak melulu menjadi sarana utama komunikasi. Sebuah merek tidak harus beriklan melalui baliho apabila memang tidak tepat sasaran. Baliho pada akhirnya akan dikaitkan dengan keberadaan media konvensional yang semakin meredup. Kue iklan di televisi memang masih menjadi yang paling besar di Indonesia, namun sampai kapan? Media digital perlahan tapi pasti merangsek keberadaan televisi. Generasi Y dan Z tidak lagi menonton RCTI, mereka memilih Netflix atau Youtube channel. Artis yang terkenal di era ini bukan lagi Krisdayanti ataupun Anang Hermansyah akan tetapi Atta Halilintar dan Ria Ricis. Media digital menjadi dewa dan mengalahkan media besar lainnya. Mahasiswa berlomba-lomba menjadi selebgram dan vlogger, bukan lagi menjadi PNS. Atas dasar ini, maka disusun modul perencanaan media komunikasi pemasaran yang berusaha memberikan gambaran media saat ini beserta logika berfikir penempatan iklan dalam media. Buku ini terdiri dari 3 (tiga) modul yang diawali dengan pengenalan dasar media, penghitungan media, audiens media, penjadwalan dan strategi perencanaan media secara utuh.

Item Type: Book
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Dec 2020 05:11
Last Modified: 08 Dec 2020 05:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22770

Actions (login required)

View Item View Item