EFEK KAMPANYE NPWP MELALUI MEDIA TELEVISI PADA TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT

Ratnaningsih, Bernadetta Niken (2010) EFEK KAMPANYE NPWP MELALUI MEDIA TELEVISI PADA TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02457.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02457.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text (Bab II)
2KOM02457.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text (Bab III)
3KOM02457.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02457.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Menurut prespektif kultivasi, televisi menjadi media utama bagi penonton untuk belajar tentang masyarakat dan kultur di lingkungannya. Melihat atas asumsi-asumsi tersebut, media massa (khususnya televisi) dianggap sebagai sarana yang efektif untuk melakukan kampanye. Dirjen Pajak melakukan kampanye kepada masyarakat Indonesia tentang kewajiban memiliki NPWP dan untuk menjaring wajib pajak (WP) baru. Kesadaran merupakan salah satu ranah kognitif dengan pemahaman mengenai sesuatu sebagai perwujudannya dan sebagai tahap pertama atau dasar tujuan kampanye untuk melangkah ke pencapaian tujuan yang berikutnya,. Salah satu bentuk pemahaman dalam kaitannya dengan tujuan kampanye pajak ini yaitu tingkat pengetahuan audiens mengenai pajak dan NPWP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat WP terhadap NPWP pada aspek kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional yang dilaksanakan di Telkomsel Grapari Yogyakarta dan Natresc Printing Yogyakarta pada bulan Juni 2009. Populasi dalam penelitian ini seluruhnya berjumlah 110 orang yang terdiri dari karyawan WP dari Telkomsel Grapari Yogyakarta dengan jumlah 64 orang dan dari Natresc Printing dengan jumlah 46 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 86 orang. Alat ukur yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu kuesioner menggunakan skala likert. Analisis persepsi masyarakat wajib pajak tentang NPWP diukur dengan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil pembahasan yang dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat wajib pajak yang diambil dari populasi karyawan Natresc Printing dan Telkomsel Grapari Yogyakarta paling banyak adalah kurang baik yaitu 72,1% (62 orang) dan paling sedikit adalah tidak baik yaitu 9,3% (8 orang).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efek Kampanye, Tingkat Pengetahuan NPWP
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Jun 2013 11:49
Last Modified: 18 Jun 2013 11:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2290

Actions (login required)

View Item View Item