STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM PELAKSANAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. UNILEVER INDONESIA, Tbk SEBAGAI WUJUD PELESTARIAN LINGKUNGAN (Studi Kasus Tentang Program Trash And Fashion Dalam CSR PT. Unilever, Tbk)

Wibowo, Lintang Triani (2010) STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM PELAKSANAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. UNILEVER INDONESIA, Tbk SEBAGAI WUJUD PELESTARIAN LINGKUNGAN (Studi Kasus Tentang Program Trash And Fashion Dalam CSR PT. Unilever, Tbk). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02460.pdf

Download (855kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02460.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM02460.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM02460.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02460.pdf

Download (890kB) | Preview

Abstract

Penelitian skripsi ini berjudul “Strategi Public Relations PT. Unilever Indonesia, Tbk Dalam Pelaksanaaan Corporate Social Responsibility (CSR) Sebagai Wujud Pelestarian Lingkungan (Studi Kasus Tentang Trash and Fashion dalam CSR di PT. Unilever Indonesia, Tbk)”. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan mengangkat studi kasus Tentang Trash and Fashion dalam CSR di PT. Unilever Indonesia, Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Public Relations sebagai corporate relations PT. Unilever Indonesia Tbk. dalam pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai wujud pelestarian lingkungan, yang dalam hal ini ialah salah satu program CSR nya yaitu Trash and Fashion (Trashion). PT. Unilever Indonesia, Tbk merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyediaan produk-produk kebutuhan sehari-hari yaitu sabun, shampoo, pasta gigi, produk kosemetik, deterjen, makanan dan minuman, serta ice cream. Dari keseluruhan produk tersebut Unilever mempunyai permasalahan sampah bekas kemasan produk mereka dan hal ini yang menjadi perbincangan hangat karena dengan semakin bertambahnya jumlah sampah tersebut maka dapat mengakibatkan adanya pemanasan global atau global warming. Maka dari itu Corporate Relations Unilever beruapaya membuat sampah-sampah tersebut dapat di daur ulang sehingga hasil daur ulang tersebut dapat lebih bermanfaat sehingga masyarakat lebih aman dari bahaya pemanasan global, produk Unilever semakin lebih diminati masyarakat, dan masyarakat juga mau untuk membantu mengantisipasi pemanasan global tersebut. Sehingga PT. Unilever Indonesia, Tbk menjadi perusahaan yang peduli dengan lingkungannya melalui program-program CSR dan kegiatan lainnya selain Trashion. Trashion ialah sebuah produk daur ulang kemasan Unilever yang diambil dari sampah-sampah yang terkumpul. Daur ulang tersebut nantinya akan dibentuk menjadi tas, payung, dompet san bentuk lainnya yang lebih indah dengan motif-motif kemasan produk Unilever. Program CSR Trashion ini juga sekaligus untuk menjawab isu permsalahan sampah yang kerap diterima oleh Unilever sebagai perusahaan yang memproduksi produk consumer good . Strategi Public Relations yang digunakan dalam program ini ialah sama dengan strategi CSR global Unilever karena strategi tersebut dirancang dan dilakukan oleh Corporate Relations (CR) Unilever itu sendiri. Strategi yang dibentuk ini seluruhnya berpedoman pada strategi CSR global unilever yang meliputi lima pilar dari misi Unilever meningkatkan vitalitas kehidupan masyarakat Indonesia. Tahapan-tahapan perencanaan strategi tersebut ialah dengan pemetaan masalah sampah kemasan produk Unilever, survey mengenai pendapat warga mengenai masalah tersebut, pembentukan fasilitator dan kader sebagai pembuat dan perajin produk Trashion, mempublikasikan melalui media mengenai program dan acara tersebut, serta sosialisasi penjualan produk Trashion di supermarket dan perluasan program Trashion di beberapa kota lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Jun 2013 13:07
Last Modified: 18 Jun 2013 13:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2291

Actions (login required)

View Item View Item