PENGARUH KEPEMIMPINAN AUTENTIK TERHADAP KOMITMEN AFEKTIF DENGAN HAPPINESS AT WORK SEBAGAI PEMEDIASI Studi pada Dosen Struktural Fakultas di Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Rosa, Clara (2020) PENGARUH KEPEMIMPINAN AUTENTIK TERHADAP KOMITMEN AFEKTIF DENGAN HAPPINESS AT WORK SEBAGAI PEMEDIASI Studi pada Dosen Struktural Fakultas di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Clara Rosa)
1603224941.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
1603224943.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB)
[img] Text
1603224944.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)

Abstract

Di zaman sekarang ini, institusi pendidikan di Indonesia semakin dihadapkan dengan tantangan dan gangguan baru yang disesuaikan dengan perkembangan global yang semakin canggih dalam segala aspek kehidupan, terutama perguruan tinggi yang merupakan tingkatan akhir dalam menempuh suatu pendidikan. Oleh karena itu, sumber daya manusia menjadi elemen utama yang sangat penting untuk mendorong perguruan tinggi swasta dalam menghadapi persaingan yang ketat sebagai penyedia jasa pendidikan. Beberapa unsur yang harus diperhatikan perguruan tinggi swasta untuk meningkatkan komitmen afektif adalah dengan memperhatikan kepemimpinan autentik dan kebahagiaan dalam bekerja (happiness at work). Jika universitas mengabaikan hal tersebut, maka akan menimbulkan berbagai masalah dalam universitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan autentik terhadap komitmen afektif dengan happiness at work sebagai pemediasi pada dosen struktural fakultas di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada dosen struktural pada seluruh fakultas di Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang telah bekerja minimal 2 tahun. Hasil penelitian dalam penelitian ini menunjukkan variabel kepemimpinan autentik berpengaruh signifikan dan positif terhadap komitmen afektif pada dosen struktural fakultas di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Variabel kepemimpinan autentik berpengaruh signifikan dan positif terhadap happiness at work pada dosen struktural fakultas di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Variabel happiness at work berpengaruh signifikan dan positif terhadap komitmen afektif pada dosen struktural fakultas di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Variabel happiness at work memediasi pengaruh kepemimpinan autentik terhadap komitmen afektif pada dosen struktural fakultas di Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan autentik, komitmen afektif, happiness at work.
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Jan 2021 04:01
Last Modified: 12 Jan 2021 04:01
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/22949

Actions (login required)

View Item View Item