PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEMASAN ROKOK-ROKOK IMITATIF (Studi Deskriptif Persepsi Konsumen Tentang Kemasan Primer Rokok-Rokok yang Imitatif Terhadap Produk Gudang Garam, Produk HM Sampoerna, Produk Djarum dan Produk Bentoel Pada Warga RT 03 Janganan, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta)

Felianne, Inge (2010) PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEMASAN ROKOK-ROKOK IMITATIF (Studi Deskriptif Persepsi Konsumen Tentang Kemasan Primer Rokok-Rokok yang Imitatif Terhadap Produk Gudang Garam, Produk HM Sampoerna, Produk Djarum dan Produk Bentoel Pada Warga RT 03 Janganan, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM02636.pdf

Download (451Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM02636.pdf

Download (236Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM02636.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM02636.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM02636.pdf

Download (676Kb)

Abstract

Kegiatan merokok adalah untuk sebagian masyarakat telah menjadi bagian dari gaya hidup, ada pula yang menjadikannya sebagai identitas pergaulan, bila dikaitkan dengan rokok yang telah memiliki brand image. Pasar produk rokok menjadi semakin penuh dengan munculnya pemain-pemain baru sehingga mempengaruhi kemampuan produk untuk berkompetisi yang semakin rendah dengan banyaknya kompetitor yang harus disaingi. Bahkan tak urung, banyak yang sedikit meniru kemasan yang sudah terkenal lebih dulu. Tidak sedikit produk rokok yang mempunyai desain kemasan yang hampir sama agar konsumen mudah terkecoh dan menyamakan dengan rokok yang pernah dikonsumsinya.Kesamaan desain kemasan biasanya terlihat dari warna yang dipakai, dengan memakai warna dengan nada yang sama, ilustrasi atau gambar lain tetapi dibuat tidak menonjol, pemilihan jenis huruf yang hampir sama (Iwan Wirya 1999: 132). Peneliti memilih topik di atas karena adanya fenomena kemasan rokok industri rumahan yang terlihat memiliki karakter yang menyerupai kemasan rokok ternama terutama dalam segi desain visual baik warna, logo dan mereknya, membuat peneliti ingin mengetahui bagaimana konsumen membentuk persepsi terhadap kemasan rokok yang mengimitasi merek-merek mapan produksi PT.Gudang Garam Tbk, PT. HM Sampoerna Tbk, PT. Djarum, PT. Bentoel Tbk. Suatu jenis produk yang mempunyai banyak merek pengimitasi dengan desain kemasan yang hampir sama tentu akan mempengaruhi persepsi konsumen terhadap produk tersebut. Oleh sebab itu, penulis mencoba membahas dan meneliti mengenai persepsi konsumen terhadap kemasan tersebut. Judul penelitian yang diambil adalah “Persepsi Konsumen terhadap Kemasan Rokok – Rokok Imitatif.” Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk mendapatkan, memaparkan serta memberi gambaran paradigma tentang suatu gejala atau fenomena. Penelitian ini difokuskan pada persepsi konsumen terhadap tampilan visual kemasan rokok yang imitatif merekmerek mapan. Penelitian akan dilakukan dengan cara wawancara dan metode analisis data, data kualitatif yang telah diperoleh akan dianalisis melalui penggambaran fakta-fakta atau karakteristik yang sebenarnya yang bersumber dari data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan metode analisis data kualitatif menunjukkan bahwa responden mempunyai persepsi yang lebih baik terhadap rokok produksi Gudang Garam, HM Sampoerna, Djarum dan Bentoel dari pada kemasan rokok imitatif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Jun 2013 08:33
Last Modified: 19 Jun 2013 08:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2299

Actions (login required)

View Item View Item