Hapsari, Dini Kartika (2009) CITRA PARTAI POLITIK DI INDONESIA (Analisis Perbandingan Citra Partai DEMOKRAT, PDI-P dan GOLKAR berdasarkan Isi Blog selama masa kampanye PILPRES tanggal 29 Mei 2009 sampai 4 Juli 2009). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM02642.pdf Download (555kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM02642.pdf Download (438kB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM02642.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
||
Text (Bab III)
3KOM02642.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM02642.pdf Download (318kB) | Preview |
Abstract
Terkait dengan masa PEMILU tanggal 9 April 2009, banyak media yang menyoroti tentang kegiatan tersebut, termasuk di dalamnya partai-partai politik yang terdaftar sebagai peserta PEMILU. Pemberitaan maupun pendapat yang muncul di media dapat digunakan oleh partai politik untuk lebih mengenalkan profil partainya di mata masyarakat. Sehingga seringkali dibutuhkan beberapa strategi agar pemberitaan di media tentang suatu partai politik mengandung nilai-nilai yang positif sehingga diharapkan akan terbentuk satu citra (image) yang baik tentang partai tersebut. Sebuah partai politik dianggap perlu menanamkan citra partai yang dimilikinya terhadap masyarakat (http://www.bangakbar.com/news/). Dalam penelitian ini, Citra khususnya citra yang berlaku pada partai politik dilihat melalui analisis isi blog. Yaitu dengan mencoba menganalisis teks yang ditulis oleh para blogger yang nantinya akan membentuk sebuah citra partai politik di masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian analisis isi blog yang telah dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa bagian yang paling penting dari sebuah blog adalah isi dari blog tersebut. Meskipun demikian, semua unit analisis dari komponen blog yang terdiri dari Deskripsi blog (Judul posting, Penulis posting, dan Tujuan posting) memberikan pengaruh terhadap pembentukan citra partai politik meskipun cenderung bersifat netral. Demikian juga Isi blog terutama kecenderungan isi blog memberikan pengaruh yang cukup besar dalam proses pembentukan citra partai politik. Hal ini dikarenakan melalui blog, masyarakat bebas menyampaikan pendapat/penilaian/kesan terhadap sebuah partai politik. Dan semua kesan tertulis tersebut dapat dikatakan sebagai awal pembentukan citra partai politik. Sehingga dapat diketahui bagaimana penilaian masyarakat terhadap masingmasing partai politik, baik itu positif, netral maupun negatif. Citra partai politik pada dasarnya dapat dibentuk dari sejumlah kesan/persepsi masyarakat (terutama blogger) terhadap partai politik tersebut yang tertulis dalam sebuah blog.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Citra, Opini Publik, Persepsi, blog, Analisis isi |
Subjects: | Komunikasi > Public Relations |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 19 Jun 2013 08:40 |
Last Modified: | 19 Jun 2013 08:40 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2300 |
Actions (login required)
View Item |