PERENCANAAN KAMPANYE KEUNGGULAN UNS MELALUI PROGRAM ACARA “UNS MENYAPA” DI TATV ( PERIODE NOVEMBER 2008-SEPTEMBER 2009)

HARYONO, NOVITA (2010) PERENCANAAN KAMPANYE KEUNGGULAN UNS MELALUI PROGRAM ACARA “UNS MENYAPA” DI TATV ( PERIODE NOVEMBER 2008-SEPTEMBER 2009). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM02699.pdf

Download (553Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM02699.pdf

Download (190Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM02699.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM02699.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM02699.pdf

Download (92Kb)

Abstract

Praktisi humas terutama praktisi humas perguruan tinggi mempunyai peran yang beragam untuk institusi yang diwakilinya, mulai dari membangun relasi dengan publiknya, membangun citra positif institusi, sampai pada memberikan dukungan terhadap manajemen institusi dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai. Itulah yang terlihat pada Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Untuk mengenalkan keunggulan UNS dan Program Studi yang ada di UNS, UNS membuat program untuk mengkomunikasikan dengan masyarakat terutama masyarakat pemerhati pendidikan dengan tajuk program talkshow UNS Menyapa. Program ini diawali dari keinginan panitia SPMB untuk mengenalkan keunggulan program studi di UNS kepada masyarakat. Program talkshow UNS Menyapa inipun mulai ditayangkan pada 25 Agustus 2008 di TA TV. Sumber pendanaan untuk acara ini berasal dari dana SPMB. Namun untuk pengelolaan acara ini berada dibawah Kepala Humas UNS yang juga menjabat sebagai ketua publikasi SPMB UNS. Dari program talkshow UNS Menyapa ini, UNS berusaha mengkampanyekan produk-produk unggulan mereka yang meliputi prodi-prodi baik prodi D3, S1, S2, maupun S3 kepada masyarakat. Dalam program acara UNS Menyapa ini, pesan-pesan yang disampaikan diarahkan pada keunggulan UNS dan program studi di UNS serta perkembangan pendidikan tinggi yang dilaksanakan UNS. Pada program ini, ada pula pesan khusus yang harus disampaikan mengenai prestasi UNS dalam pencapaian universitas kelas dunia. Program inipun mempunyai tujuan khusus yang ingin dicapai yaitu masyarakat semakin mengenal UNS dan lingkungan yang ada di UNS. Untuk melihat kegiatan kampanye keunggulan program studi-program studi yang ada di UNS ini, peneliti melihat proses perencanaan nya dengan menggunakan proses perencanaan PR dan melihat implemetasi perencanaan ini menggunakan model kampanye komunikasi Nowak& Warneryd. Untuk meneliti kampanye keunggulan prodi UNS melalui program talkshow UNS Menyapa ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sementara data pada penelitian ini diperoleh dengan wawancara dengan kepala humas yang sekaligus host UNS Menyapa, produser UNS Menyapa. Hasil wawancara tersebut akan dibandingkan dengan opini mahasiswa dan alumni UNS serta masyarakat yang memperhatikan acara tersebut. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa rekaman video talkshow UNS Menyapa. Dalam penelitian ini, peneliti juga melihat acara tersebut secara langsung di studio TA TV. Dari data yang terkumpul dan analisis terhadap data tersebut, peneliti melihat bahwa program acara UNS Menyapa ini sedikit banyak sudah mulai memberikan gambaran pada masyarakat, mahasiswa, dan alumni mengenai UNS dan berbagai hal yang ada di UNS. Namun untuk meyakinkan masyarakat akan UNS sebagai universitas yang merintis menjadi world class university, program acara ini belum mampu mengakomodasi hal tersebut. Secara umum, program pengenalan keunggulan perguruan tinggi melalui talkshow televisi ini merupakan inovasi baru untuk kalangan praktisi institusi di kota Solo. Dengan adanya program talkshow UNS Menyapa ini, telah menginspirasi dua institusi pendidikan swasta untuk membuat acara serupa di stasiun televisi yang sama.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Jun 2013 09:31
Last Modified: 19 Jun 2013 09:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2306

Actions (login required)

View Item View Item