PENGARUH BUDAYA ORGANISASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI MEDIATOR Studi pada PT. Sari Warna Asli

Dhanarti, Erika Kus (2020) PENGARUH BUDAYA ORGANISASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI MEDIATOR Studi pada PT. Sari Warna Asli. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Erika Kus Dhanarti)
1603229711.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
1603229713.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
1603229714.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)

Abstract

Budaya organisasional merupakan hal yang penting bagi sebuah perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan membentuk budaya organisasional dengan kuat agar para karyawan yang bekerja dapat mempunyai sikap dan perilaku yang mendukung perusahaan untuk mencapai tujuannya. Tidak hanya budaya organisasional saja yang penting bagi perusahaan, organizational citizenship behavior juga merupakan salah satu hal yang dapat menguntungkan perusahaan di masa yang akan datang. Karyawan yang mau bekerja melebihi tugas dan tanggung jawabnya dapat membantu perusahaan untuk mengerjakan kegiatan dalam perusahaan secara efektif dan efisien. Bila budaya organisasional dan organizational citizenship behavior sudah terbentuk dalam perusahaan maka secara tidak langsung muncul komitmen organisasional pada setiap karyawan dalam perusahaan. Komitmen organisasional ini muncul karena karyawan yang bekerja sudah merasa nyaman dalam bekerja serta merasa bahwa keberadaannya dalam perusahaan merupakan hal yang penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh budaya organisasional terhadap organizational citizenship behavior dengan komitmen organisasional sebagai mediator studi pada PT. Sari Warna Asli. Data yang digunakan merupakan data primer. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah karyawan aktif yang bekerja pada PT. Sari Warna Asli. Sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan pengujian dilakukan dengan analisis regresi dengan variabel mediator. Sebelum dilakukan uji regresi, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan budaya organisasional berpengaruh signifikan dan positif terhadap organizational citizenship behavior pada PT. Sari Warna Asli. Budaya organisasional berpengaruh signifikan dan positif terhadap komitmen organisasional pada PT. Sari Warna Asli. Komitmen organisasional berpengaruh signifikan dan positif terhadap organizational citizenship behavior pada PT. Sari Warna Asli. Komitmen organisasional menjadi mediator parsial pada pengaruh budaya organisasional terhadap organizational citizenship behavior pada PT. Sari Warna Asli.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: budaya organisasional, organizational citizenship behavior, komitmen organisasional, regresi dengan variabel mediator.
Subjects: Manajemen > SDM dan Organisasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Jan 2021 21:13
Last Modified: 28 Jan 2021 21:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23096

Actions (login required)

View Item View Item