PERILAKU MENGAJAR DAN PERILAKU BELAJAR : Mengidentifikasi Academic Atmoshere Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Perbawaningsih, Yudi and Sulistyaningtyas, Ike Devi and Negoro, Sherly Hindra PERILAKU MENGAJAR DAN PERILAKU BELAJAR : Mengidentifikasi Academic Atmoshere Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta. [Research] (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Yudi Perbawaningsih)
Penelitian 1 Institusional- Perilaku Mengajar dan Perilaku Belajar.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Capaian belajar mahasiswa FISIP UAJY masih belum optimal, seperti yang diharapkan dalam akreditasi. karena itu diperlukan usaha untuk meningkatkan capaian akademik, dengan meningkatkan nilai Indek Prestasi Kumulatif dan masa studi. salah satu faktor penting untuk mendorong peningkatan capaian akademik adalah atmosphere akademik.Penelitian-penelitian terkait dengan hal ini banyak menunjukkanbahwa atmosphere akademik yang baik akan mendorong pada pencapaian tujuan pembelajaran secara baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi atmosphere akademik FISIP UAJY, secara rinci mengidentifikasi tiga hal (1) persepsi tentang perilaku mengajar, (2) self confidence/ self efficacy, dan (3) perilaku belajar. Sekaligus juga untuk mengetahui keterkaitan antara atmosphere akademik dengan capaian pembelajaran. Penelitian ini bersifat kuantitatif eksplanatif, denga menggunakan angket sebagai alat pengumpul data. Angket terdiri dari 50 pertanyaan yang diberikan kepada mahasiswa FISIP UAJY yang aktif belajar pada 13 mata kuliah yang diajarkan pada semester genap TA 2015/2016. Mata kuliah ini diambil dengan memperkaitkan kurikulum prodi Ilmu Komunikasi dan prodi Sosiologi. Penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa membangun persepsi tentang dosen FISIP UAJY secara positif. Persepsi tentang kemampuan mereka sendiri secara baik dan perilaku belajar dengan baik. Secara umum dapat dikatakan bahwa atmosphere akademik FISIP UAJY dikategorikan “baik” , dan capaian pembelajaran juga baik. Juga dijelaskan dalam penelitian ini variabel lain yang mempengaruhi capaian pembelajaran mahasiswa

Item Type: Research
Uncontrolled Keywords: atmosphere akademik, Capaian pembelajaran, perilaku mengajar, self efficacy, self confidence, perilaku belajar
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Feb 2021 21:06
Last Modified: 04 Feb 2021 21:26
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23161

Actions (login required)

View Item View Item