KARAKTERISTIK WISATAWAN, PRODUK WISATA DAN KEPUASAN WISATAWAN MENGUNJUNGI OBYEK WISATA BATU SERIBU KABUPATEN SUKOHARJO

Dwiyanto, Joko (2010) KARAKTERISTIK WISATAWAN, PRODUK WISATA DAN KEPUASAN WISATAWAN MENGUNJUNGI OBYEK WISATA BATU SERIBU KABUPATEN SUKOHARJO. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0SOS01372.pdf

Download (1410Kb)
[img] Text (Bab I)
1SOS01372.pdf

Download (96Kb)
[img] Text (Bab II)
2SOS01372.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58Kb)
[img] Text (Bab III)
3SOS01372.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120Kb)
[img] Text (Bab IV)
4SOS01372.pdf

Download (250Kb)

Abstract

Dalam usaha meningkatkan kepuasan wisatawan diperlukan penanganan yang profesional atas aset terutama perencanaan dan penataan yang berwawasan alam dan budaya, maka pengelola harus mengetahui karakteristik wisatawan dan atribut produk wisata yang berhubungan dengan kepuasan mengunjungi obyek wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan karakteristik wisatawan berkaitan dengan kepuasan wisatawan dan mengetahui kecenderungan atribut produk wisata berkaitan dengan kepuasan wisatawan mengunjungi obyek wisata Batu Seribu di Kabupaten Sukoharjo. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis tabel frekuensi. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer yang berasal dari responden dengan cara menyebarkan kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode gugus sederhana, dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Berdasarkan analisa deskripsi karakteristik wisatawan dapat diketahui dari 100 wisatawan yang dijadikan responden yang menyatakan ya bahwa wisatawan puas dengan daya tarik wisata obyek Batu Seribu sebanyak 99%. Mayoritas wisatawan menyatakan ya bahwa wisatawan yang puas dengan fasilitas obyek wisata Batu Seribu yaitu sebanyak 9. Mayoritas wisatawan menyatakan setuju bahwa wisatawan yang puas dengan kemudahan menuju obyek wisata Batu Seribu yaitu sebanyak 87. Analisis yang diperoleh dapat menunjukkan adanya kecenderungan bahwa karakteristik wisatawan yang meliputi jenis kelamin, usia, status, profesi dan tingkat pendidikan berkaitan dengan kepuasan wisatawan mengunjungi obyek wisata Batu Seribu di Kabupaten Sukoharjo. Berdasarkan analisa mengenai deskripsi kepuasan wisatawan dapat diketahui bahwa wisatawan yang merasa puas dengan daya tarik wisata obyek wisata Batu Seribu sebanyak 99%, puas dengan fasilitas obyek wisata sebanyak 91%, dan puas dengan kemudahan menuju obyek wisata sebanyak 87%. Dengan demikian, hasil analisis juga dapat menunjukkan adanya kecenderungan atribut produk wisata yang meliputi daya tarik wisata, fasilitas dan kemudahan menuju obyek wisata berkaitan dengan kepuasan wisatawan mengunjungi obyek wisata Batu Seribu di Kabupaten Sukoharjo. Berdasarkan analisis keterkaitan karakteristik wisatawan dengan kepuasan diperoleh kesimpulan bahwa ada kecenderungan keterkaitan antara karakteristik wisatawan yang meliputi jenis kelamin, usia, status, profesi dan tingkat pendidikan terakhir dengan kepuasan wisatawan. Dengan demikian hasil analisis mendukung hipotesis pertama yang menyatakan bahwa ada kecenderungan karakteristik wisatawan yang meliputi jenis kelamin, usia, status, profesi dan tingkat pendidikan terakhir berkaitan dengan kepuasan wisatawan mengunjungi obyek wisata Batu Seribu di Kabupaten Sukoharjo.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: karakteristik wisatawan, produk wisata dan kepuasan wisatawan
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Jun 2013 10:06
Last Modified: 19 Jun 2013 10:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2317

Actions (login required)

View Item View Item