LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PUSAT PENGOLAHAN SAMPAH PLASTIK DI PIYUNGAN YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR INDUSTRI

Imantaka, Christo (2020) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PUSAT PENGOLAHAN SAMPAH PLASTIK DI PIYUNGAN YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR INDUSTRI. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Christo Imantaka)
1601165121.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
1601165125.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
1601165126.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB)

Abstract

Daerah Istimewa Yogyakarta hanya memiliki 1 TPA yang terletak di Piyungan sebagai TPA sampah perkotaan yang melayani 3 wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta, dan Kabupaten Bantul. Sampah plastik merupakan salah satu jenis sampah yang menyebabkan TPA Piyungan mencapai status ―overload‖. Sampah plastik merupakan sampah yang sulit terurai dengan cepat, dimana membutuhkan waktu 50-100 tahun untuk membuatnya terurai. Pusat pengolahan sampah plastik merupakan sarana untuk mengolah sampah jenis plastik menjadi bahan yang lebih bermanfaat. Didalam nya terdapat beberapa tahapan yang dilakukan untuk mengolah sampah plastik ini menjadi bahan yang bisa digunakan kembali. Karakter efisien perlu diterapkan pada pusat pengolahan sampah plastik untuk mempermudah dan memperlancar pengolahan pada pengguna bangunan. Volume sampah plastik yang terus bertambah setiap harinya membuat bangunan pusat pengolahan sampah plastik ini bisa menjadi solusi guna mengurai sampah plastik yang ada. Maka selain efisien, Pusat pengolahan sampah plastik juga memerlukan karakter efektif. Karakter efisien dan efektif disampaikan melalui pengolahan elemen sirkulasi dan tata ruang baik luar dan dalamnya. Pusat pengolahan sampah plastik akan menjebatani kepentingan yang berbeda, oleh karena itu pendekatan arsitektur industri diterapkan pada desain pusat pengolahan sampah plastik. Melalui arsitektur industri, kegiatan pengolahan yang efisien dan efektif dapat bermanfaat untuk mengolah sampah plastik yang sulit terurai dan terus bertambah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sampah Plastik, Pusat Pengolahan Sampah Plastik, Efisien dan efektif, Sirkulasi dan Ruang
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 17 Feb 2021 09:20
Last Modified: 17 Feb 2021 09:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23268

Actions (login required)

View Item View Item