ESTETIKA IKLAN TELEVISI DJARUM BLACK (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Estetika Iklan Televisi Djarum Black periode 2001 - 2011)

Romulus, Alfianto (2011) ESTETIKA IKLAN TELEVISI DJARUM BLACK (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Estetika Iklan Televisi Djarum Black periode 2001 - 2011). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0KOM02611.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1KOM02611.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2KOM02611.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3KOM02611.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (Bab IV)
4KOM02611.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan sektor industri sangat berpengaruh terhadap perkembangan dunia periklanan, kedua elemen tersebut selalu berjalanan bersama. Industri membutuhkan kegiatan periklanan untuk mengkomunikasikan produk barang dan jasanya. Melalui kegiatan periklanan iklan harus mampu menarik perhatian dan membentuk impresi. Keberhasilan kegiatan periklanan ditentukan dari menarik atau tidaknya setiap komponen dalam iklan tersebut. Estetika dalam kegiatan periklanan menjadi sesuatu yang tidak bisa dilupakan dalam fungsinya untuk menciptakan iklan yang menarik, kreatif dan komunikatif. Estetika adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan keindahan. ( Effendy, 1993 ). Dalam sebuah iklan, estetika diperlukan untuk menciptakan dan menyusun iklan sehingga tercipta sebuah iklan yang dinamis dan terkomposisi rapi. Iklan televisi tersusun dari banyak komponen dan unsur – unsurnya, dari keseluruhan komponen dan unsur – unsurnya perlu adanya pengorganisasian untuk mencapai suatu kesatuan hubungan yang estetik agar pesan iklan dapat disampaikan secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai estetika iklan televisi Djarum Black periode 2001 – Februari 2011 dengan berdasarkan pada pedoman dan acuan dari Frank F. Jeffkin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode dokumenter untuk metode pengumpulandatanya. Metode dokumenter digunakan dalam analisis ini untuk menunjang trustworthiness penelitian setiap iklan, dengan jumlah sebanyak 10 iklan. Setiap versi iklan yang terdiri dari tiga tema Full of Imagination, Think Black dan Black, it is mempunyai karakter yang berbeda – beda pada setiap komponen atau unsur penyusunnya. Karakter Full of Imagination lebih menonjolkan pada penggunaan unsur hitam atau black dalam sebuah pemikiran yang penuh imajinasi. Karakter Think Black lebih menonjolkan pada unsur hitam atau black dalam penerapan imajinasi dan pemikiran inovatif kreatif. Sedangkan Black, it is lebih menonjolkan pada kekuatan Djarum Black. Penggambaran kekuatan tersebut menandakan bahwa Djarum Black telah diterima dengan baik oleh masyarakat perkotaan. Namun walaupun karakter konsep tersebut berbeda – beda, ketiga tema tersebut sama – sama dapat mengaplikasikan konsep produk dan konsep periklanan pada setiap unsur dan komponen audio visual iklan televisi Djarum Black secara estetis. PDF Create! 3 Trial www.scansoft.com Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan bahwa iklan televisi Djarum Black mempunyai nilai estetika yang baik, karena iklan televisi Djarum Black telah dapat memenuhi setiap hukum atau pedoman estetika sesuai dengan pedoman dari Frank. F. Jefkins.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: estetika, iklan televisi, pedoman estetika
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Jun 2013 11:30
Last Modified: 19 Jun 2013 11:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2334

Actions (login required)

View Item View Item