EKNIK KOMUNIKASI PERSUASI PENGURUS HARIAN “PUSAT TERAPI PERMATA ANANDA” PADA ORANG TUA SISWA TERKAIT PROSES PENDIDIKAN ANAK PENYANDANG GANGGUAN SPEKTRUM AUTISTIK

Manuhutu, Varanta Noel Billsano (2020) EKNIK KOMUNIKASI PERSUASI PENGURUS HARIAN “PUSAT TERAPI PERMATA ANANDA” PADA ORANG TUA SISWA TERKAIT PROSES PENDIDIKAN ANAK PENYANDANG GANGGUAN SPEKTRUM AUTISTIK. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Varanta Noel Billsano Manuhutu)
1509056461.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
1509056462.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img] Text
1509056463.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)

Abstract

Salah satu kunci keberhasilan penanganan anak penyandang gangguan spektrum autistik (GSA) adalah penerimaan dan partisipasi orang tua dalam proses pendidikan anak. Untuk mewujudkan hal tersebut maka perlu melakukan usaha persuasi pada orang tua siswa untuk turut berperan aktif dalam pendidikan anak penyandang GSA. Salah satu faktor keberhasilan dari komunikasi persuasi adalah penggunaan teknik komunikasi persuasi. Dalam penerapannya, teknik komunikasi bergantung pada pengolahan pesan. Pada penelitian ini peneliti berfokus pada teknik komunikasi persuasi yang dilakukan oleh “Pusat Terapi Permata Ananda” sebagai lembaga pendidikan khusus bagi anak penyandang GSA yang berada di Bantul dengan analisis berdasarkan teknik komunikasi persuasi yang dituangkan oleh Onong Uchana Effendy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitaif dengan penyajian dan pendeskripsian data berdasarkan hasil wawancara dan studi kasus. Terdapat dua narasumber dalam penelitian ini yaitu Kepala “Pusat Terapi Permata Ananda” dan Wakil Kepala “Pusat Terapi Permata Ananda” selaku pihak yang memiliki akses untuk berkomunikasi dengan orang tua siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha persuasi yang dilakukan pengurus harian Pusat Terapi PTPA kepada orang tua siswa untuk terlibat dalam proses pendidikan anaknya menggunakan teknik-teknik komunikasi persuasi tertentu. Yakni teknik asosiasi yang memanfaatkan hal yang menjadi perhatian oleh orang tua siswa; teknik integrasi dengan usaha menempatkan permasalahan sebagai kepentingan bersama; teknik ganjaran yang menawarkan reward apabila orang tua siswa aktif dalam pendidikan anak; teknik red-herring dengan memanfaatkan posisi kelemahan penguasaan orang tua siswa, dan teknik tataan yang dilakukan dengan mengolah pesan agar dapat menarik minat orang tua siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Anak Penyandang Gangguan Spektrum Autistik, Teknik Komunikasi Persuasi, Pesan Komunikasi Persuasi
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Mar 2021 13:26
Last Modified: 05 Mar 2021 13:26
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23455

Actions (login required)

View Item View Item