ANALISIS PENGETAHUAN KHALAYAK TENTANG ISU KEKERASAN ANAK DALAM KAMPANYE “LOVE MYSELF” #ENDVIOLENCE

Jonasa, The, Josephine (2020) ANALISIS PENGETAHUAN KHALAYAK TENTANG ISU KEKERASAN ANAK DALAM KAMPANYE “LOVE MYSELF” #ENDVIOLENCE. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (The, Josephine Jonasa)
1609059001.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
1609059002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB)
[img] Text
1609059003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[img] Text
Lamp..pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)

Abstract

Tiga dari empat atau sebanyak 75% anak-anak di dunia menjadi korban kekerasan. UNICEF pada tahun 2018 mencatat sasaran kekerasan berusia dua hingga empat tahun dengan alasan pendisplinan orang dewasa. Salah satu organisasi yang berada di bawah PBB aktif melakukan kampanye tentang isu kekerasan. UNICEF bersama BTS mulai melakukan promosi isu kekerasan anak melalui kampanye “Love Myself” #ENDViolence sejak tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan khalayak tentang isu kekerasan anak dalam kampanye “Love Myself” #ENDViolence. Teori utama yang digunakan dalam penelitian adalah komunikasi persuasif dan teori pendukung yakni kampanye serta pengetahuan (kognitif). Teori komunikasi persuasif bertujuan untuk mengajak penerima pesan untuk memperkuat sikap atau kepercayaan khalayak. Praktek komunikasi persuasif dapat terlihat dari kampanye-kampanye mengenai program tertentu. Komunikasi persuasif dan kampanye memiliki kesamaan fungsi yakni knowledge atau pengetahuan bagi khalayak atau penerima pesan. Individu dalam penerimaan informasi melewati proses kognitif (pengetahuan) dalam mencapai keputusan dari pesan persuasif. Penelitian ini berusaha melihat bagaimana khalayak memproses informasi mengenai isu kekerasan anak dari salah satu kampanye anti kekerasan. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara kepada narasumber sebagai perwakilan khalayak atau penerima pesan kampanye. Peneliti menggunakan teknik validasi data yakni triangulasi sumber untuk membandingkan perspektif individu. Penelitian berusaha mengetahui pengetahuan khalayak tentang isu kekerasan anak dalam kampanye “Love Myself’ #ENDViolence. Narasumber secara umum telah mengetahui tentang kekerasan anak namun kampanye “Love Myself” #ENDViolence berusaha memberi penyelesaian dalam isu terkait. Kampanye “Love Myself” #ENDViolence memberi pesan untuk mencintai diri sendiri dan berani berbicara sebagai solusi dalam mengakhiri kekerasan anak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komunikasi persuasif, kampanye, pengetahuan, khalayak, isu kekerasan anak
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Mar 2021 14:01
Last Modified: 05 Mar 2021 14:01
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23463

Actions (login required)

View Item View Item