PENGARUH AKTIVITAS PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP LOYALITAS MEREK: KESADARAN MEREK DAN CITRA MEREK SEBAGAI MEDIASI

Wijaya, Berta Margareta Agustin (2021) PENGARUH AKTIVITAS PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP LOYALITAS MEREK: KESADARAN MEREK DAN CITRA MEREK SEBAGAI MEDIASI. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img] Text (Berta Margareta Agustin Wijaya)
195003006 tdk pubs.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan utama untuk menganalisis pengaruh aktivitas pemasaran media sosial terhadap loyalitas merek dengan kesadaran merek dan citra merek sebagai mediasi. Penelitian ini menggunakan objek penelitian merek dalam negeri yaitu Scarlett pada media sosial Instagram. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada 238 responden dengan kriteria pernah membeli produk merek Scarlett minimal 2 kali dalam 1 tahun terakhir, usia minimal 17 tahun, dan mengikuti akun Instagram Scarlett. Penelitian ini bersifat tidak acak (non-random sampling) yaitu purposive sampling. Pembagian kuesioner dilakukan dengan cara online, yaitu kuesioner dibuat dengan menggunakan aplikasi Google Forms. Lalu, link kuesioner disebarkan secara online melalui berbagai media sosial seperti Whatsapp, Line, Instagram, Twitter, dan Facebook.Teknik pengukuran variabel menggunakan skala likert. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), dengan bantuan software Partial Least Square (PLS). Hasil analisis Structural Equation Modeling (SEM), dengan bantuan software Partial Least Square (PLS), diketahui bahwa kesadaran merek memediasi aktivitas pemasaran media sosial (faktor hiburan, faktor iklan, dan faktor trendiness) terhadap loyalitas merek, dan citra merek memediasi aktivitas pemasaran media sosial (faktor interaksi dan faktor trendiness) terhadap loyalitas merek di Instagram. Sedangkan kesadaran merek tidak memediasi aktivitas pemasaran media sosial (faktor interaksi dan kustomisasi) terhadap loyalitas merek, dan citra merek tidak memediasi aktivitas pemasaran media sosial (faktor hiburan, faktor iklan, dan faktor kustomisasi) terhadap loyalitas merek di Instagram.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Pemasaran Media Sosial, Kesadaran Merek, Citra Merek, Loyalitas Merek, Instagram.
Subjects: Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 12 Mar 2021 15:44
Last Modified: 12 Mar 2021 15:44
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23503

Actions (login required)

View Item View Item