LITERASI MEDIA ANGGOTA KELOMPOK TULI YOGYAKARTA (Studi Deskriptif Kualitatif Literasi Media Anggota Kelompok ADECO pada Berita COVID-19 di Media Online)

Murni, Intan (2020) LITERASI MEDIA ANGGOTA KELOMPOK TULI YOGYAKARTA (Studi Deskriptif Kualitatif Literasi Media Anggota Kelompok ADECO pada Berita COVID-19 di Media Online). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Intan Murni)
1609060321.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
1609060322.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text
1609060323.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Di tengah maraknya wabah Virus Corona atau COVID-19 di Indonesia pada 2020, Kemenkominfo mendata sebanyak 187 konten hoaks terkait Corona beredar terhitung sampai 10 Maret 2020. Hal ini dapat menjadi masalah bagi Kelompok Tuli, sebagai salah satu kelompok yang rentan terpapar hoaks karena adanya keterbatasan akses informasi. Adapun penelitian mengenai akses media bagi kelompok disabilitas masih sedikit dilakukan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tentang literasi media anggota kelompok ADECO Yogyakarta pada berita COVID-19 di media online. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan metode observasi dan wawancara sebagai cara pengambilan data. Total sebanyak 4 informan diwawancarai sebagai representasi kelompok ADECO Yogyakarta. Wawancara dilakukan sebanyak dua kali dengan menggunakan protokol kesehatan, dengan tujuan mendapatkan kedalaman dan variasi data, dimana informan mencoba menganalisis 2 berita dalam setiap wawancara. Literasi media terbagi menjadi 4 kategori, yaitu: Akses, analisis, evaluasi, dan kreasi konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Akses, keempat informan dapat mengakses media online secara mandiri sesuai kebutuhannya namun hanya 2 informan yang memiliki fleksibilitas tinggi untuk mencari informasi di media online; 2) Analisa, keempat informan belum memiliki kemampuan dan pengetahuan seputar verifikasi data, namun dapat membedakan media ataupun berita yang kredibel dengan berpegang pada pemahaman pribadi ataupun orang terdekat; 3) Evaluasi, keempat informan memberikan penilaian dengan menitik beratkan pada keakuratan berita, sementara faktor kredibilitas media tidak menjadi hambatan bagi tiga informan untuk menggunakan suatu media; 4) Keempat informan belum mencapai tahap kreasi konten media seputar COVID-19.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Literasi Media, Media Online, Berita, Kredibilitas.
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 19 Mar 2021 10:22
Last Modified: 19 Mar 2021 10:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23556

Actions (login required)

View Item View Item