KUALITAS IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI DI ENGLISH CAFE YOGYAKARTA (Studi Deskriptif Kuantitatif tentang Kualitas Iklim Komunikasi Organisasi di English Cafe Yogyakarta)

Pabubung, Stefanny Sandy (2020) KUALITAS IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI DI ENGLISH CAFE YOGYAKARTA (Studi Deskriptif Kuantitatif tentang Kualitas Iklim Komunikasi Organisasi di English Cafe Yogyakarta). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Stefanny Sandy Pabubung)
1609060501.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
1609060502.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
1609060503.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas iklim komunikasi organisasi di English Cafe Yogyakarta. English Cafe Yogyakarta merupakan lembaga kursus Bahasa Inggris yang berdiri sejak 2012. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah komunikasi organisasi yang mencakup iklim komunikasi organisasi di dalamnya. Variabel penelitian yaitu kualitas iklim komunikasi organisasi yang berpedoman pada definisi iklim komunikasi organisasi menurut Andre Harjana yang terdiri dari dua sub variabel, dengan dimensi dan indikator di dalamnya, antara lain: 1) Hubungan dan komunikasi internal, dengan lima dimensi, yaitu: a) Sumber informasi: kepuasan, kepercayaan, kepentingan, dan keterbukaan, b) Ketersediaan informasi: kecukupan, kemanfaatan, umpan balik, dan ketepatan waktu, c) Kebijakan organisasi: keterlibatan karyawan dalam pembuatan keputusan, penentuan tujuan, dan kejelasan uraian tentang tujuan, d) Imbalan dan keadilan, dan e) Komitmen. Berbeda dengan sub variabel 2) Keterbukaan atasan yang memiliki tiga dimensi, yaitu: pertukaran informasi yang lengkap, informasi yang diberikan tanpa rekayasa, dan atasan bertanggung jawab atas informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data survei. Survei dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 34 karyawan English Cafe Yogyakarta. Penyebaran kuesioner dilakukan pada 23 September hingga 1 Oktober 2020 menggunakan Google Form. Responden penelitian hanya dibatasi untuk karyawan English Cafe Yogyakarta saja karena iklim komunikasi organisasi merupakan deskripsi persepsi karyawan yang mereka alami. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kualitas iklim komunikasi organisasi di English Cafe Yogyakarta dinilai baik oleh karyawan. Data ini diperoleh berdasarkan hasil rata-rata dari analisis statistik deskriptif sebesar 140.74. Meskipun perolehan data menunjukkan kualitas iklim komunikasi organisasi baik, namun komitmen karyawan untuk bertahan bekerja di English Cafe Yogyakarta hanya masuk dalam kategori sedang. Menurut peneliti, hal ini terjadi karena karyawan tidak sepenuhnya dilibatkan dalam menentukan tujuan atas suatu kebijakan. Selain itu juga, berdasarkan dari data yang diperoleh, penyebaran informasi di dalam organisasi tidak merata secara keseluruhan yang menurut peneliti disebabkan oleh kondisi perusahaan dengan konsepnya yang nomaden dan cabang yang banyak serta hanya satu karyawan yang mengurus semua cabang, sehingga memungkinkan informasi menjadi tumpang tindih dan tidak merata.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Iklim komunikasi organisasi, Hubungan dan komunikasi internal, Keterbukaan atasan.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 19 Mar 2021 10:26
Last Modified: 19 Mar 2021 10:26
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23558

Actions (login required)

View Item View Item