PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP LOYALITAS DENGAN BUDAYA EWUH PAKEWUH SEBAGAI VARIABEL MODERATOR PADA KARYAWAN BAGIAN HUMAS HOTEL DI YOGYAKARTA

Handoyo, Illene Yolanda (2020) PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP LOYALITAS DENGAN BUDAYA EWUH PAKEWUH SEBAGAI VARIABEL MODERATOR PADA KARYAWAN BAGIAN HUMAS HOTEL DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Illene Yolanda Handoyo)
1609061061.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
1609061062.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text
1609061063.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)

Abstract

Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi keberlangsungan sebuah perusahaan, karena itu penting bagi perusahaan untuk memerhatikan karyawannya. Perlakuan yang baik oleh perusahaan dapat menciptakan dan meningkatkan kepuasan kerja bagi karyawan, saat kepuasan kerja terpenuhi, diharapkan dapat menumbuhkan loyalitas karyawan. Hal ini dikarenakan kepuasan kerja merupakan faktor determinan yang memengaruhi keinginan berpindah seseorang, yang menandai bagaimana tingkat loyalitas karyawan terhadap perusahaan, sehingga faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan kerja harus dipahami oleh perusahaan. Robbins (2015) menyatakan bahwa pekerja di budaya Timur memiliki kepuasan kerja yang rendah dibandingkan budaya Barat karena adanya struktur hierarki yang kaku, mengedepankan rasa hormat dan sungkan, serta adanya otoritas dalam pengambilan keputusan. Salah satu budaya yang masih melekat pada masyarakat Jawa layaknya budaya Timur adalah budaya ewuh pakewuh. Budaya yang kuat akan memberi pengaruh besar pada sikap karyawan dalam perusahaan, sehingga menarik untuk diteliti dalam melihat perubahan sikap atas pengaruh yang diberikan budaya ewuh pakewuh pada kepuasan kerja terhadap loyalitas karyawan. Variabel dalam penelitian ini adalah Kepuasan Kerja (X), Budaya Ewuh Pakewuh (Z) dan Loyalitas Karyawan (Y). Penelitian ini menggunakan metode survei dengan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Jenis penelitian ini adalah eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk menjelaskan sejauh mana pengaruh variabel budaya ewuh pakewuh dapat memoderasi pengaruh antara kepuasan kerja dan loyalitas karyawan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh karyawan bagian hubungan masyarakat hotel di Yogyakarta yang berjumlah 48 orang. Pemilihan sampel menggunakan teknik total sampling yang mana jumlah sampel sama dengan jumlah populasi. Pengujian dilakukan dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji t, koefisien determinasi, dan uji moderate regression analysis. Berdasarkan hasil uji, budaya ewuh pakewuh mampu memoderasi atau memengaruhi arah dan kekuatan pengaruh kepuasan kerja terhadap loyalitas karyawan secara signifikan negatif. Artinya dengan adanya variabel moderator budaya ewuh pakewuh maka semakin tinggi kepuasan kerja karyawan, loyalitas karyawan akan semakin menurun.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Kerja, Budaya Ewuh Pakewuh, Loyalitas Karyawan.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 19 Mar 2021 12:27
Last Modified: 19 Mar 2021 12:27
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23564

Actions (login required)

View Item View Item