KUALITAS MIE BASAH DENGAN PENAMBAHAN PERASAN DAUN PANDAN WANGI (Pandanus amaryllifolius, Roxb.) SEBAGAI PENGAWET DAN PEWARNA ALAMI

Christy, Gesika Viona (2020) KUALITAS MIE BASAH DENGAN PENAMBAHAN PERASAN DAUN PANDAN WANGI (Pandanus amaryllifolius, Roxb.) SEBAGAI PENGAWET DAN PEWARNA ALAMI. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img] Text (Gesika Viona Christy)
150801673.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)

Abstract

Mie banyak digemari masyarakat karena memiliki rasa dan tekstur yang cocok bagi orang yang mengkonsumsinya. Tapi umur simpan mie basah tergolong pendek, yaitu sekitar 16-20 jam akibat adanya aktivitas mikroba maupun reaksi oksidasi yang terjadi pada mie. Penambahan perasan daun pandan wangi (Pandanus amaryllifolius, Roxb.) diharapkan dapat memperpanjang umur simpan mie basah. Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap faktorial dengan dua faktor yaitu faktor konsentrasi perasan daun pandan wangi yang dicampurkan ke dalam produk mie (0 %, 6%, 12%, 18 %, dan 24 %) dan faktor lama penyimpanan produk mie (Jam ke-0, 12, 24, dan 48) pada suhu kamar (27 o C). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi perasan daun pandan wangi terhadap kualitas mie basah dengan lama penyimpanan, serta mengetahui konsentrasi perasan daun pandan wangi yang optimum untuk memperpanjang umur simpan mie basah. Serangkaian uji dilakukan meliputi analisis kimia, mikrobiologis, dan fisik mie basah. Berdasarkan pengolahan data dengan ANOVA yang dilanjutkan dengan Duncan Multiple Range Test (DMRT), mie basah dengan penambahan perasan daun pandan (Pandanus amaryllifolius, Roxb.) memberikan pengaruh beda nyata terhadap kadar air, kadar abu, analisis tekstur, angka lempeng total, dan angka kapang khamir. Akan tetapi pada analisa Kadar Lemak, tidak memberikan pengaruh beda nyata.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknobiologi > Tekno Pangan
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 25 Mar 2021 09:39
Last Modified: 25 Mar 2021 12:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/23601

Actions (login required)

View Item View Item